Menentukan Kata Kunci Pada Website Adalah Pilihan Yang Tepat - Mukapedia

25 March 2019

Menentukan Kata Kunci Pada Website Adalah Pilihan Yang Tepat

Menentukan Kata Kunci Pada Website Adalah Pilihan Yang Tepat

Menentukan Kata Kunci Pada Website Adalah Pilihan Yang Tepat - Apakah anda sudah mempunyai website? Atau anda ingin mempunyai sebuah websit yang sukses? Baiklah..yang perlu anda tahu bahwa setiap website memerlukan sebuah traffic (lalu lintas) kujungan ke web dengan cara memilih kata kunci yang tepat. Dan selama ini sebagian besar pebisnis di internet mengakui bahwa search engine adalah hal yang sangat penting dan membangun traffic ke websitenya. Jadi mutlak hukumnya terdaftar ke ‘search engine utama’ jika ingin sukses dalam bisnis online.

Bagaimanapun seorang pemilik website tidak hanya ingin sekedar banyaknya kunjungan, tapi pengunjung yang tertarget,…pengunjung yang benar-benar tertarik dengan isi websitenya, tertarik dengan produk atau jasanya kemudian mengisikan opt in list atau newsletter.

Cara yang tepat untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget adalah terletak pada pemilihan kata kunci (keywords)…dan kebanyakan kesalahan kecil ini berakibat besar pada daftar search engine.

Untuk itu anda perlu meriset kata kunci (keywords) yang harus di pilih dan diterapkan dalam:

  1. Dihalaman utama (homepage) dan halaman penting lainnya.
  2. Dalam Title Tag (judul halaman web maupun gambar).
  3. Dalam Meta Tag.

Ketika sebuah search engine mengunjungi web anda, maka yang menjadi pilihan adalah kata kunci (phrase) yang anda pilih kemudian akan di daftar menjadi sebuah rangking dalam search engine tersebut.

Untuk itu, sekali lagi bahwa kata kunci yang anda pilih sangat berdampak pada rangking di search engine, dan tentu juga berdampak pada kunjungan ke web site anda bukan?

Jelaskan bagaimana cara menentukan kata kunci pada website? 

Baca juga : Riset Kata Kunci| Cara Mencari Keyword Turunan Yang Relevan

Ini ada beberapa tips ringan yang bisa anda lakukan. Pertama …bayangkan anda adalah seorang blogger, seseorang yang sedang mencari sesuatu di internet. Biarkan pikiran anda mencari kata-kata yang tepat untuk mendapatkan yang anda cari, kemudian bayangkan juga kira-kira orang-orang akan menggunakan kata apa untuk mencari info yang sama…tapi anda jangan terlalu pusing dengan ini, karena semua orang akan mempunyai pemikiran yang berbeda. Misalnya anda mempunyai website tentang ngeblog…Blogspot.com ..maka kata kunci utama adalah “blogspot”…dan jangan gunakan kata kunci “blogspot” Dan buatlah daftar kata kunci dari ide anda.

Jika anda ingin mendapatkan tambahan kata kunci dari web pesaing utama anda, ketik kata kunci yang ada dalam daftar anda dalam search engine utama (Yahoo, Google), cukup anda fokus pada 10 ranking teratas saja. Buka websitenya kemudian klik kanan pilih view source. Dan lihat judul websitenya, descriptionnya dan juga keywords nya. Barang kali ada yang berbeda dengan yang ada dalam daftar anda. Tapi ingat jangan hanya mencopy paste saja semua kata kunci yang mereka punya, hal itu bisa dikatakan pelanggaran hak cipta. Ok! Oh ya lakukan pencarian ini ke beberapa situs search engine, karena setiap search engine mempunyai aturan dan alogaritma yang berbeda untuk merangking setiap website sehingga menjadi SEO.

Mungkin anda juga sebaiknya mempermudah kerja anda untuk membuat kata kunci dengan menggunakan alat bantu sebuah software ‘googkeywords’. Dengan software ini anda bisa membuat keywords dan menentukan kata kunci lebih mudah.

Ok mari kita kembali ke Blogspot .com.

Katakanlah ini hasil pemikiran kata kunci anda yang pertama :

Website

Membuat Website

Cara Ngeblog

Yah mungkin hanya menemukan beberapa phrase kata kunci. Dan setelah melihat website pesaing, maka muncul tambahan daftar kata kunci yang berbeda misalnya:

Konten Website

Membuat Kata Kunci Website

Membuat Website SEO

Setelah beberapa kali surfing untuk melihat website pesaing maka misalnya anda mendapatkan tambahan menjadi :

Website

Membuat Website

Cara Ngeblog

Konten Website

Membuat Kata Kunci Website

Membuat Website SEO

Dan lainnya...

Banyak bukan sekarang daftar kata kunci yang anda dapatkan! Nah selanjutnya pilihlah kata kaunci yang benar-benar spesifik dengan isi website anda, pilihlah kata kunci yang paling tepat dengan kata kunci yang ada dalam daftar anda.

Baca juga : Cara Riset Keyword Untuk Mencari Kata Kunci Di Google AdWord

Dan sekarang gunakan selalu kata kunci tersebut dalam :

  1. ‘Keywords meta tag’
  2. ‘Dalam judul (title web site anda)’
  3. ‘Gunakan dalam headline anda’
  4. ‘Gunakan dalam paragraf awal dari halaman utama anda’ 

Setiap search engine mempunya cara dan aturan sendiri untuk mengindex website, untuk itu tetaplah konsentrasi dan gunakan yang terbaik untuk website anda.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis : Kam Adi Dama 
Editor: Admin
Comments


EmoticonEmoticon