Motivasi: Kunci Sukses Ada Di Dalam Kelas - Mukapedia

15 November 2018

Motivasi: Kunci Sukses Ada Di Dalam Kelas

Motivasi sukses, kunci sukses, cara sukses, meraih kesuksesan, belajar sukses, menjadi sukses

Sukses adalah impian bagi semua orang untuk meraihnya. Namun terkadang kesuksesan yang kita impikan justru hilang oleh banyaknya waktu yang terbuang dengan sia-sia.

Tahukah kalian bahwa kunci sukses itu ada di dalam kelas? Mungkin kebanyakan orang tidak mengetahui akan hal itu, sering kali mereka anggap remeh apa yang mereka pelajari ketika sedang berada di ruangan kelas. Bahkan materi pun cuma ingat ketika sedang berada di dalam kelas saja, saat pulang mereka menjadi pelupa apa yang mereka pelajari di dalam kelas, sebenarnya itu merupakan beberapa kunci untuk meraih masa depan dan impian di hari esok nanti ketika kita dituntut oleh kemauan yaitu “INGIN SUKSES”.

Ketika kita masih sekolah mungkin tidak menyadari akan semua tentang itu, memang saat duduk di bangku SD kita tidak tau apa-apa, saat duduk di bangku SMP kita harus belajar dewasa dan saat duduk di bangku SMA kita harus matang dalam memilih apa yang harus kita perjuangkan untuk masa depan. Tapi semua itu kadang kita lupa apa memang kita tidak tahu, apa sebenarnya tujuan orang tua kita menyekolahkan kita.

Orang tua yang sangat menyayangi anaknya dan bagaimanapun caranya mereka ingin membahagiakan kita, tentu yang mempunyai impian supaya anaknya sukses itu adalah orang tua terlebih dahulu ke timbang kita yang menjalankannya.

Tetapi saya melihat anak jaman sekarang, bisa dibilang mereka tidak mengetahui dimana letaknya kunci sukses tersebut. Mereka sekolah dengan biaya yang besar tapi mereka habiskan waktunha dengan main,pacaran,jalan-jalan dan mereka tidak memikirkan semua itu.

Apakah biaya yang besar bisa kita ganti di hari esok nanti? Entahlah.. karena beberapa anak bahkan rata-rata anak jaman sekarang tidak memperhatikan soal itu, seolah mereka sekolah itu untuk mencari teman baru, mencari pacar,bergaya dan kesenangan semata. Rata-rata..

Saya disini akan membuat perumpamaan untuk menggambarkan sosok anak yang ingin sukses namun tidak mengetahui dimana letak kunci sukses tersebut. Langsung saja saya akan membuat satu gambaran peran anak tersebut di bawah ini:

Sebut saja Nama saya andi. “Maaf yah kalo ada yang namanya andi di sini jangan ke singgung ini cuma nama samaran dan perumpamaan saja” hehehe…….

Andi adalah seorang anak yang terlahir dari keluarga sederhana. Andi merupakan seorang pelajar yang masih duduk di bangku kelas 1 SMA.

Pada saat itu andi giat berangkat sekolah seperti halnya seorang murid biasanya. Andi pun ikut belajar di dalam kelas seperti yang diajarkan guru pada muridnya yaitu beberapa materi pelajaran.

Ya memang si andi tersebut giat masuk kelas dan mengikuti beberapa pelajaran, namun kita tidak tahu apakah andi dapat menangkap dengan baik pelajaran yang diajarkan gurunya atau tidak. Kita tidak tahu akan hal itu, yang jelas dalam artikel ini menjelaskan sosok andi itu giat mengikuti pelajaran.

Tetapi tahukah kalian bahwa giat saja tidak cukup tetapi kita harus benar-benar mempelajari apa yang diajarkan guru di dalam kelas.

Andi memang giat masuk kelas dan mengikuti pelajaran, tetapi kebanyakan dari anak jaman sekarang mereka akan lupa dengan yang namanya ruangan kelas ketika mereka sudah di luar kelas apalagi jika dia pulang sekolah, boro-boro belajar yang ada cuma pantengin HP dan main ML seharian. Itu misalnya.. heeee….

Kemudian tiba lah kenaikan kelas dan andi pun saat itu naik ke kelas 2 sma. Sama halnya saat duduk di kelas 1 SMA andi pun giat masuk kelas seperti biasanya.

Mungkin cuma giat karena kewajiban seorang murid yang harus mengikuti pelajaran di kelas yah ,tapi bisa jadi tidak benar-benar mempelajarinya dengan baik. Apalagi kata anak jaman sekarang yang katanya masa-masa SMA itu sangat menyenangkan. Apa yang mereka bilang senang, yah.. saya kurang paham? Mungkin pacarannya udah pinter kali.. heeee…..
Padahal mereka harus tahu bahwa masa SMA itu harus benar-benar untuk bisa menentukan baik buruknya diri kita dan harus bisa menentukan jalan untuk kedepannya.

Kemudian duduk lah andi di bangku kelas 3 SMA. Kelas 3 SMA memang lagi sibuk-sibuknya melakukan tugas-tugas dan kegiatan sekolah untuk menghadapi ujian nanti. Tetapi bagi andi seakan tidak lupa dong bermain itu juga penting. Pelajaran sih kalo di sekolah saja kalo di luar lupa deh karena main juga penting yah apa lagi pacaran indah banget tuh seindah gunung himalaya. heee.. emangnya gunung himalaya indah yah. Saya cuma ngarang . Hahaha….becanda.

Sesudah menghadapi ujian terakhir andi dinyatakan lulus dari sekolah. Dia pun senang dan gembira, pasti dong siapa sih yang tidak senang saat dinyatakan lulus.

Setelah andi lulus, dia bingung karena tidak mempunyai modal buat melanjutkan kuliah. Saat itulah andi mencoba mencari pekerjaan dan mengirimkan lamaran sana sini tetapi ketika di interview andi tidak lulus dan tidak diterima kerja. “Ngapain aja luh waktu di dalam kelas, kan giat masuk kelas to interview bisa ga lulus” hee..

Bla.. bla..bla..bla...

Sehingga andi pun tidak mengetahui caranya jadi sukses padahal itu impiannya..

Itulah sosok murid yang tidak tahu kunci sukses, sekolah asal berangkat dan masuk kelas asal giat tapi tidak benar-benar mempelajarinya dengan baik.

Bagi kalian yang merupakan seorang pelajar, pahamilah dan lakukanlah hal yang wajib dilakukan. Karna masadepan kita juga yang menentukan.

Ingat waktu dan harus bisa membagi waktu kalian kapan belajar,kapan bermain dan jaga pergaulan.

Jangan dulu pacaran karena itu bisa mengganggu sekolah kalian. Ada yang bilang pacaran buat motivasi..lah itu alasan karena mengganggu ya tetap mengganggu. Motivasi yang sebenarnya adalah keinginan untuk sukses. Menurut saya.

Dan seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa kunci sukses itu ada di dalam kelas. Ko bisa? Ya.. menurut saya pribadi karena didalam kelas itu terdapat banyak sekali materi dan hal yang kalian pelajari. Misalnya.. kalian ingin sukses dalam bidang apa, semua materinya ada di dalam kelas saat kalian mengikuti pelajaran.

Maka dari itu kita harus benar-benar mempelajarinya, jangan sia-siakan mencari ilmu selama bertahun-tahun tapi ilmu itu sepintas kemudian hilang. Pelajari dan belajar bereksperimen dari apa yang sudah kalian pelajari di dalam kelas.

Jangan malas, ingin sukses ko malas. Rajin juga termasuk bagian terpenting untuk meraihnya.

Dan ingat. Menjadi orang sukses itu tidak mesti mempunyai title tinggi, tapi bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu. Waktu kan adalah uang brooo.. heee. “Tp jangan lupa juga shoat yah”. Jangan uang mulu.

Sudah cape saya nulis nih… Dah pokonya buat kalian para pelajar harus tau kewajiban seorang pelajar yaitu belajar meskipun di luar kelas. Jangan lupa juga ketika kalian sudah lulus kalian harus bawa kunci sukses di dalam kelas, ingat tuh jangan sampe lupa.. kuncinya adalah tetap belajar dari apa yang sudah kita pelajari selama ini.

Sekian dari saya, semoga artikel saya ini menjadi motivasi buat kalian.
Mohon maaf kalo ada penjelasan yang kurang jelas, karena saya masih belajar menulis. Jika ingin mengoreksi tulisan saya silahkan berkomentar pada kotak komentar di bawah. Terimakasih...

Comments


EmoticonEmoticon