8 Cara Cek Dan Periksa Laptop Second (Bekas) Sebelum Membeli

8 Cara Cek Dan Periksa Laptop Second (Bekas) Sebelum Membeli

Cek Dan Periksa Dulu Sebelum Membeli Laptop Second (Bekas) | Dalam postingan kali ini saya mau membagikan cara dan tips bagi sobat yang ingin membeli laptop atau netbook second / bekas. Tentunya sobat pernah ragu ketika mau  membeli laptop bekas kan ? Karena kita tau laptop dalam kondisi bekas (Second) sudah pasti akan mengalami penurunan performa tidak seperti laptop / netbook yang dalam keadaan baru, apalagi laptop yang kita beli sudah berusia dari 2 tahun atau bahkan lebih. Tapi tenang aja sob, dengan kita tau tips nya gak perlu lagi takut membeli laptop berkas, karena walaupun laptop itu kondisi bekas akan tetep oke kok kalau kondisinya masih bagus, dengan syarat kita harus pintar dalam memilih dan mengetahui cara cek laptop bekas dengan benar kondisi laptop tersebut. Oke deh sob gak perlu panjang lebar yah, kita lihat bareng bareng apa aja yang perlu di cek dan ricek sebelum kita memutuskan untuk membeli Laptop Second (Bekas).

Cara Cek Dan Periksa Laptop Second (Bekas) Sebelum Membeli

  1. Lihat dan cek kondisi fisik laptop tersebut pastikan casing masih kokoh tidak ada yang pecah ataupun retak terutama di bagian engselnya, karena engsel kalau udah ada yang pecah atau retak maka bisa di pastikan laptop tersebut pernah terbentur atau terjatuh atau bahkan udah pernah di bongkar, untuk lebih lebih menyakinkan untuk pengecekan engsel ini buka dan tutup beberapa kali laptop tersebut, karena kalau masih bagus akan terasa agak rapat engselnya atau tidak terasa terlalu kendor.
  2. Cek kondisi Batre sob, untuk cek kondisi batre ini kalau ane cek laptop second ukuran normal ketahanan batre maksimal 2 jam, kalau laptop second yang sobat mau beli batre masih bisa tahan sampai 2 jam berarti kondisi batre laptop tersebut masih bagus, karena kita tau batre laptop yang sudah berumur 2 tahun atau lebih tidak semua dalam kondisi bagus, karena kita tidak tahu gimana riwayat pemakain laptop tersebut.
  3. Cek keyboard laptop tersebut, untuk pengecekan keyboard ini sobat coba cek melalui microsoft office atau notepad teks documents. Sobat cek semua tombol satu persatu huruf, angka, enter, shift, spasi, ctrl, caps lock, tab, pastikan semua huruf angka dan semua berjalan normal, kalau perlu sobat bisa menggunakan software untuk cek keyboard.
  4. Cek harddisk laptop tersebut, ini adalah masalah yang riskan sob karena hardisk kalau kondisi tidak atau kurang bagus maka performa laptop akan turun atau indikasinya laptop terasa lambat atau lelet, jadi gimana untuk cek hardisk ini ? jalankan windows nya sob, kalau windows atau OS nya terasa berat untuk buka suatu program jangan sungkan untuk meminta instal ulang laptop di tempat sobat membeli laptop tersebut.
  5. Pastikan webcame atau camera berfungsi, walau sebenernya untuk webcame ini untuk beberapa orang tidak terlalu penting, tapi tidak ada salahnya kalau sobat cek webcamenya.
  6. Cek speakernya ya sob, pastikan speaker ini juga masih dalam kondisi bagus karena biasanya ada beberapa laptop second suaranya sember atau pecah kadang cuma bunyi sebelah, jadi tidak ada salahnya juga sobat lebih jeli dan teliti dalam hal pengecekan speaker ini dengan memutar beberapa buah lagu, namanya laptop second sob jadi kita harus pintar dalam memilih dan melihat kondisi laptop tersebut.
  7. Cek wifi nya sob, pastikan wifi ini berfungsi normal tapi untuk wifi ini jarang kok sob ada kerusakan.
  8. Yang terakhir sob dan bisa dibilang yang terpenting ini hehehe, belilah laptop di toko atau teman yang sudah dikenal sob, karena kalau nantinya suatu saat atau  jangka panjang ada masalah dengan laptopnya sobat gak perlu bingung, jika sobat beli di toko mintalah garansi untuk laptop tersebut, walaupun aturan toko sendiri biasanya juga tidak ada garansi kalau untuk laptop bekas, tapi paling tidak bikin perjanjian sama pihak toko atau temen sobat minimal satu minggu dari pembelian, maksudnya sobat bisa sambil ngecek kondisi laptop tersebut selama pemakain dan sobat akan merasa lebih tenang dan tidak takut dalam membeli laptop second.

Itulah sob beberapa tips cara cek laptop second, mudah mudahan bisa membantu sobat dan sedikit mengurangi keraguan sobat dalam membeli laptop second, karena kalau pilihan kita tepat mudah mudahan laptop second yang sobat beli awet dan tidak ada kendala untuk jangka panjangnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel