6 Penyebab Baterai Android Boros (Lowbet) Dan Cara Mengatasinya - Mukapedia

31 January 2019

6 Penyebab Baterai Android Boros (Lowbet) Dan Cara Mengatasinya

baterai android lowbet, baterai android cepat habis, penyebab baterai android boros, baterai android cepat habis
Baterai Android

Pada umumnya di jaman sekarang orang-orang penuh dengan kegiatan mengoprasikan smartphone Androidnya, dari mulai bermain Medsos hingga menjalankan bisnis kecil yang mereka jalani. Namun seringkali timbul permasalahan dalam kegiatan onlinenya yang tidak wajar, sebut saja Baterai smartphonnya Boros, tentu ini membuat permasalahan dan menghambat kegiatan yang mereka jalani untuk mengisi waktu luang misalnya bermain Medsos maupun Bermain game online.

Banyaknya smartphone Android keluaran terbaru yang memiliki daya baterai berkapasitas yang sangat besar, tetapi hal itu kadang tidak memberikan solusi dari keluhan para pengguna Smartphone Android. Kapasitas baterai mungkin sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada boros dan hematnya komponen Baterai tersebut.

Ada banyak faktor dan masalah yang dapat mengakibatkan baterai smartphone Android anda menjadi boros. Namun, anda perlu tahu sebenarnya banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. 

Berikut penyebab baterai Android boros dan cara mengatasinya.

1. Dari Segi Pemakaian Aplikasi

Anda Sebagai pengguna Android, pasti disuguhkan dengan banyaknya aplikasi yang bisa anda instal dan menjalankannya pada Smartphone Android. Tetapi Anda perlu teliti dalam menginstal Aplikasi karena kemungkinan ada beberapa aplikasi yang bisa membuat baterai Android Anda menjadi boros.

Dalam hal ini anda harus mengetahuinya dengan cara melihat penggunaan batre pada Android, anda bisa memeriksanya di menu Settings > kemudian pilih menu Battery, guna untuk melihat aplikasi yang 'memakan' daya baterai besar pada Smartphone Android anda.

Adapun untuk memeriksanya lebih rinci, anda dapat menggunakan dan menginstal aplikasi khusus untuk memonitor pemakean baterai, seperti GSam Battery Monitor. Aplikasi ini untuk menampilkan data pemakaian baterai dari semua aplikasi yang terinstal di smartphone anda. Dan jika anda menemukan beberapa aplikasi  yang menurut anda kurang penting yang dapat membuat baterai boros, jangan ragu untuk menghapus Aplikasi tersebut.

2. Baterai Usang, Harus Ganti

Harusnya anda bisa lebih teliti terhadap masalah ini. Jika anda sudah tahu smartphone Android yang anda digunakan "berusia lanjut", maka kemampuan daya baterainyapun juga sudah termakan usia. Halyang harus anda lakukan adalah Mengganti atau membeli Baterai yang baru.

Mengingat hal tersebut, jika memang dirasa baterai lebih boros, segera ganti baterai lama dengan yang baru. Baterai baru tentu akan memberikan performa dengan daya tahan lebih baik.

3. Charger Bermasalah atau Menggunakan Charger Beda Produk

Charger bermasalah atau rusak merupakan salaj satu dari penyebab baterai Android anda menjadi boros. Indikasi baterai menjadi boros memang tidak selalu disebabkan oleh faktor dari performa smartphone Android dan baterai itu sendiri.

Charger yang sudah rusak dan tidak berfungsi dengan selayaknya, tentu bisa membuat baterai Android juga ikut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Sistem Android atau OS

Sistem Android atau OS yang membuat aplikasi dan fitur smartphone tetap berjalan pada Android, ternyata juga dapat memakan daya baterai yanh cukup besar. Dalam banyak kasus, sistem Android atau Os bisa mengurasi daya baterai sebesar 25 persen dan itu menjadi suatu hal yang umum dari semua pengguna Android. Jika itu terjadi pada smartphone Android anda, maka menjadi salah satu masalah yang bisa dipastikan menjadi baterai akan sangat boros.

Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan melakukan downgrade pada OS Android. Jadi misalnya, anda menggunakan OS Marshmallow, maka anda bisa coba menurunkan Tipe Os Android Anda menjadi Lollipop. Dan Alternatif lainnya dengan cara melakukan factory reset. Dua cara itu diyakini dapat 'mengatasi' baterai boros akibat sistem Android.

5. Google Play Services

Google Play Services merupakan aplikasi dari Google yang terbukti dapat memakan daya baterai sangat besar. Tetapi kalian tidak bisa menghapusnya karena Google Play Services adalah aplikasi yang sangat penting pada perangkat Andorid.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencoba dengan mengakses menu Settings > Applications > All > Google Play Services. Selanjutnya, anda tekan Clear cache. Hal itu bisa memperbarui aplikasi tersebut.

6. Auto-brightness

Hal ini kadang menjadi suatuhal yang memang sepele, tapi faktanya dapat berpengaruh pada umur baterai Android. Anda kadanh tidak menyesuaikan kecerahan layar secara manual, dan pasti kebanyakan pengguna cuman mengaktifkan modus Auto-brightness.

Nah itulah artikel tentang penyebab baterai android menjadi boros. Terimakasih
Comments


EmoticonEmoticon