Cara Mudah Melihat Dan Cek Versi Android Sendiri - Mukapedia

01 February 2019

Cara Mudah Melihat Dan Cek Versi Android Sendiri



Cara melihat Versi Android Smartphone milik sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini versi android semakin canggih dan mempunyai performa yang lebih bagus dari pendahulunya. Sebut saja kalau dulu pertama kali android muncul dengan membawa versi 1.0 dan sampai saat banyak sekali versi android terbaru dari sebelumnya. Semua penamaan versi Android memang dibuat lebih mirip jajanan manis yang sudah populer di masyarakat umum.

Berikut Nama Dan Jenis-Jenis Versi Android Dan Cara Mengeceknya

1. Android 1.0

Sistem operasi Android 1.0 ini bisa dibilang sebagai Android pertama yang fiturnya masih sangat sederhana. Pengguna diajak beradaptasi dengan peradaban baru dalam menjajal sebuah perangkat telekomunikasi mobile. Jika hari ini kita terbiasa menggulir layar ke bawah untuk melihat notifikasi, perlu diketahui bahwa asal-muasalnya dari Android 1.0 ini. Sebab, di versi inilah Google untuk pertama kalinya memperkenalkan mekanisme pengecekan notifikasi yang kerap diistilahkan pull-down notification tersebut.

Selain notifikasi, dua komponen pada Android 1.0 yang masih digunakan hingga kini adalah widget aplikasi, serta toko aplikasi Google Play Store yang kala itu masih bertajuk “Market”. Sistem operasi ini juga menyatukan layanan Gmail. Dua aplikasi tersebut, Gmail dan Market, menjadi layanan bawaan paling purba yang dipatrikan Google pada Android 1.0.

2. Android 1.1

Android 1.1 merupakan versi lanjutan dari Android 1.0. Android 1.1 menambahkan update yang cukup aneh untuk Android 1.0, sistem operasi ini menambahkan beberapa fitur sederhana ke aplikasi yang ada seperti menampilkan ulasan di penelusuran bisnis Google Maps.

3. Android 1.5 Cupcake

Android Cupcake merupakan versi pertama dari android yang menggunakan nama makanan yang manis sebagai nama sistem operasinya. Android 1.5 Cupcake memberikan beberapa update berupa tampilan widget, transisi animasi saat melompati desktop Anda, kemampuan untuk memutar layar secara otomatis saat kamu menghidupkan telepon dan animasi saat proses booting. Dua pembaruan signifikan pada Cupcake juga meliputi kemampuan perekaman video dengan kamera ponsel, serta kemampuan keyboard layar sentuh.

4. Android 1.6 Donut

Pada tahun 2009, Google meluncurkan generasi penerus Cupcake, yang diberi nama Donut. Seperti yang mungkin dapat kamu perhatikan, Google memilih untuk menamai sistem operasi androidnya dengan nama-nama makanan penutup yang sesuai dengan urutan alfabet.

Android Donut juga memunculkan kolom pencarian pada antarmuka ponsel. Pengguna bisa mencari informasi di internet, file lokal, kontak, dan apa saja secara lebih cepat dengan bantuan dari kolom tersebut.

5. Android 2.0 Eclair

Eclair menjadi Android pertama yang menghadirkan layanan navigasi Google Maps. Sistem tersebut menjadi awal mula era GPS yang sekarang bukan cuma ada di ponsel, tapi juga di mobil-mobil modern.

Eclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 pada peramban sehingga bisa memutar video. Kemampuan membuka layar alias unlock-screen dengan mekanisme menyapu atau swipe juga diperkenalkan pada Eclair.

6. Android 2.2 Froyo

Android Froyo mengizinkan pengguna Android untuk mengendalikan ponsel mereka tanpa perlu menyentuh layar ponsel, yang dikenal dengan fitur perintah suara. Anda juga bisa memasang aplikasi pada kartu memori yang sangat melegakan karena kebanyakan ponsel memuat 4 sampai 8GB ruang penyimpanan saja.

Dari segi tampilan, Android Froyo memungkinkan lima panel layar depan alias home screen. Sebelumnya, batas panel cuma sampai tiga saja.

Froyo juga menambah pilihan keamanan penguncian bagi pengguna. Dari yang sebelumnya cuma penguncian pola (pattern lock), belakangan dilengkapi dengan opsi penguncian PIN atau PIN lock.

7. Android 2.3 Gingerbread

Pada Android versi ini, Google mengembangkan sistem operasi android untuk mengatur bidikan yang sempurna pada kamera depan untuk melengkapi kebutuhan pecinta selfie.

Selain itu, dari segi fungsi, Gingerbread memungkinkan pengguna memencet keyboard virtual secara berbarengan alias multitouch. Kemampuan ini dipertahankan hingga sekarang dengan berbagai peningkatan kinerja.

8. Android 3.1 Honeycomb

Sistem operasi ini mendukung kemampuan tombol virtual untuk home, back, dan menu, untuk pertama kalinya.

Honeycomb menjadi lebih menonjol dalam sejarah Android sebagai satu-satunya versi yang dikembangkan khusus hanya untuk tablet. Elemen antarmuka seperti keyboard virtual dioptimalkan untuk layar yang lebih besar dan juga memiliki dukungan untuk prosesor multi-core.

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Versi ini memboyong semua fitur yang ada pada Honeycomb tapi lebih mengutamakan pada pasar smartphone. Contohnya saja kemampuan tombol virtual yang hingga sekarang banyak diimplementasikan para vendor smartphone.

Beberapa pembaruan fitur lainnya mencakup kemampuan membuka layar menggunakan wajah (face unlock), analisa penggunaan data internet, serta paket aplikasi bawaan dari vendor yang mencakup kalendar, mail, kalkulator, dan lainnya.

10. Android 4.1 Jelly Bean

Nah, ini dia versi Android yang membawa pembaruan cukup signifikan setelah beberapa kali update yang dilakukan Google hanya membawa perbedaan minor.

Salah satunya, Jelly Bean memungkinkan pengguna menggulir (scroll) cepat home screen ke bawah untuk melihat kumpulan informasi penting, seperti agenda, email, dan laporan cuaca. Sebelumnya, pengguliran ke bawah cuma memperlihatkan notifikasi aplikasi.

Selain itu, Jelly Bean merupakan upaya pertama Google untuk menghadirkan asisten digital yang dinamai Google Now. Mulai dari versi ini, Google semakin berhasrat untuk membuat asisten digital yang lebih hidup, manusiawi, dan relevan bagi pengguna.

11. Android 4.4 KitKat

Android KitKat memperkenalkan perintah suara ‘OK Google’ untuk memulai Google Now, serta pengelolaan pesan yang lebih baik, dukungan Emoji dan peningkatan multi-tasking.

Di saat bersamaan, Google juga meluncurkan aplikasi pesan singkat Hangouts untuk pertama kalinya. Sayangnya, belakangan Hangouts dilabeli sebagai layanan Google yang gagal karena tak menuai penetrasi yang memuaskan.

12. Android 5.0 Lollipop

Pembaruan yang mencolok pada Lollipop tampak dari sisi desainnya yang diperhalus dan disesuaikan dengan zaman. Selain itu, fitur-fitur yang sudah hadir pada Android sebelumnya telah ditingkatkan pada versi ini.

Satu-satunya yang lumayan baru adalah dukungan untuk gambar berformat RAW. Format itu memungkinkan para ilustrator, fotografer, atau graphic designer menyimpan file dengan ukuran besar agar bisa diedit tanpa mengurangi kualitas.

13. Android 6.0 Marshmallow

Menu aplikasi pada Android Marshmallow benar-benar dibuat baru. Desainnya membuat pengguna merasa naik kelas dari versi sebelumnya karena lebih dinamis.

Selain itu, versi android yang satu ini merupakan yang pertama kali menyematkan sistem keamanan menggunakan sidik jari atau finger print.

14. Android 7.0 Nougat

Pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan pelbagai fungsi.

Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

Android versi ini merupakan versi terbaru yang diluncurkan oleh google. Untuk fitur pemberitahuan telah diperbaiki sekali lagi, dan kamu juga bisa menggunakan mode video picture-in-picture yang funky. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menonton klip YouTube dalam kotak yang dapat di resizable saat kamu bermain-main dengan aplikasi lain. Google telah melakukan banyak perbaikan tambahan seperti input kualitas audio dan teks, serta pengelolaan sumber daya.

Nah, bila suatu waktu ingin anda ingin melihat versi android dari HP yang anda miliki sebenarnya mudah banget dan tidak perlu aplikasi khusus karena semua info tentang sistem disediakan oleh ponsel seperti versi android, Versi kernel, Kondisi baterai, jaringan, Alamat IP, IMEI dan lain sebagainya.

Cara Melihat Versi Android Di Hp Smartphone Sendiri

1. Pertama nyalakan Hp Android kalian dan buka menu lalu pilih setting atau pengaturan.



2. Setelah kalian membuka menu setting/pengaturan akan muncul menu baru lalu pilih About atau tentang perangkat sesuai bahasa dari Hape android kalian.



3. Langkah yang terakhir setelah kalian tekan about maka akan terlihat versi android smartpone kalian seperti gambar di bawah.




Demikian tentang cara melihat atau mengecek versi android pada smartphone yang anda miliki.
Comments


EmoticonEmoticon