5 Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar Untuk Blog - Mukapedia

27 April 2019

5 Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar Untuk Blog

5 Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar Untuk Blog

Anda tentu pernah merasakan betapa sulitnya membuat dan menulis sebuah artikel yang baik untuk blog. Untuk itu, saya akan mencoba mengulas tentang cara menulis artikel yang baik dan benar sehingga menghasilkan artikel yang bagus dan menarik untuk pembaca. Tips ini saya persembahkan untuk saudara sebangsa dan setanah air yang sedang mendapatkan kesulitan menulis artikel untuk blog. Semoga cara menulis artikel ini memberikan manfaat untuk kita semua dalam mengisi blog.

Baca juga: 7 Cara Memasukkan Kata Kunci Didalam Postingan Blog

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar Untuk Blog

1. Sumber

Sebelum menulis artikel yang bagus dan menarik, ada baiknya Anda mencari berbagai referensi artikel untuk artikel yang akan Anda buat. Lebih bagus lagi jika referensi Anda berasal dari bahasa asing karena itu akan lebih membuka wawasan Anda. Jangan takut untuk tidak bisa berbahasa asing karena sekarang sudah ada google translate yang membantu mempermudah Anda untuk menterjemahkan dari segala bahasa ke bahasa Indonesia. Dan jangan lupa menyertakan sumber tersebut sebagai daftar pustaka dalam artikel yang Anda buat.

2. Karya Sendiri

Sangat di anjurkan bahwa artikel yang Anda buat merupakan hasil kerja Anda sendiri dan akan menghasilkan artikel yang baik, bukan hasil copy paste dari artikel orang lain. Kalaupun Anda mengambil dari sumber, usahakan menggunakan bahasa Anda sendiri sehingga artikel Anda menjadi berbeda dengan milik orang lain. Percayalah bahwa apa yang kita tulis tidak selalu lebih jelek dari orang lain.

3. Judul Artikel yang Menarik

Carilah judul yang menarik buat artikel, karena judul merupakan kesan pertama dari artikel yang anda tulis Anda. Ketika judul artikel Anda menarik dan bermanfaat, maka orang menjadi penasaran untuk membaca artikel Anda. Hendaknya pemilihan judul ini tidak terlalu panjang karena akan memberikan kesan berat pada artikel Anda.

4. Sederhana dan berbobot

Artikel sederhana yang berbobot lebih banyak disukai orang, karena kecenderungan orang bosan bahkan ogah-ogahan untuk membaca artikel terlalu lama. Tentukan poin-poin penting dalam menulis artikel pada blog, sehingga mudah dipahami dan enak untuk di baca.

5. Keindahan bahasa dan sesuai EYD

Hal yang paling sulit dari cara menulis artikel yang baik dan benar adalah sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) karena keterbatasan kemampuan berbahasa indonesia yang baik dan benar. Saya sendiri termasuk kesulitan jika harus menyusun artikel sesuai EYD karena memang bahasa indonesia bukan basic saya.

Baca juga: 9 Tips Membuat Artikel Bahasa Inggris

Itulah beberapa tips dan cara menulis artikel yang baik dan benarbuntuk blog, yang bagus buat Anda jadikan pedoman. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments


EmoticonEmoticon