Tips Memberi Edukasi Internet Aman Untuk Anak

Tips Memberi Edukasi Internet Aman Untuk Anak

Tips Memberi Edukasi Internet Aman Untuk Anak - Posting ini saya buat ketika mengamati anak saya membuka internet di computer dan melalui smart phone. Masa kanak-kanak bisa dikatakan masa keemasan untuk kecerdasan dan perkembangan otaknya, bisa jadi anak-anak kita lebih cepat memiliki kemampuan berinternet disbanding kita. Saya mengalami bagaimana anak saya cepat memahami situs-situs permainan online dan bisa cepat menyerap arah sebuah permainan online.

Mengamati situs-situs permainan online anak-anak saya rasa tidak sepenuhnya aman, beberapa kali sempat melihat konten yang tidak sepantasnya berada pada situs permainan online anak-anak. Kemudian ketika anak memegang tablet atau smart phone yang terhubung ke internet ada baiknya juga kita perlu mendampingi, pada beberapa kesempatan juga saya pernah melihat beberapa permainan yang tidak cocok diakses oleh anak-anak, terutama permainan puzzle dengan gambar tidak baik jika diakses anak kita. Berikut ini, sedikit tips ringan bagaimana memberikan edukasi tentang internet pada anak-anak :

  1. Berikan pengertian pada anak-anak tentang hal apa saja yang boleh diakses ketika membuka internet.
  2. Dampingi anak ketika sedang mengakses internet, jangan lepas bebas anak ketika mengakses internet tetapi sesekali dampingi duduk sambil mengedukasi tentang internet sehat.
  3. Membuat komitmen dengan anak tentang batasan perilaku online pada anak.
  4. Sedari dini memberi edukasi kepada anak-anak kita tentang internet sehat dan batasan-batasannya, tidak perlu menunggu sampai anak remaja tetapi lebih baik dari masa kanak-kanak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel