Permalink: Cara Membuat URL Artikel Blogger agar SEO - Mukapedia

20 November 2018

Permalink: Cara Membuat URL Artikel Blogger agar SEO

Merubah url, edit customs permalink, membuat tautan permanen

Permalink tautan permanen pada blog-. Beberapa bulan yang lalu, Blogspot
menambahkan fitur Advanced untuk lebih mengoptimalkan SEO di Blogger, yaitu opsi dalam mengedit tautan permanen/URL pada artikel Blogger. Sebenarnya ini merupakan satu fitur, yang bisa kita gunakan untuk optimasi SEO pada blog.

Apa itu Tautan Permanen/Url?

Tautan permanen dibagi menjadi dua, yaitu tautan permanen normal dan tautan permanen khusus.

Tautan permanen normal: Merupakan url yang dihasilkan dari judul artikel dengan hasil apa adanya. Jika artikel mempunyai judul yang panjang maka dengan otomatis tautan/url tersebut akan terpotong sesuai jumlah kata yang ditentukan. Sedangkan Tautan permanen khusus: Kita bisa melakukan perubahan url artikel sesuai kebutuhan dan keinginan kita namun dalam melakukan perubahan tersebut akan lebih baik kita mengeditnya dengan mengisi sesuai kata kunci utama.

Contoh:  Misalnya dengan judul (Cara membuat Artikel Blogger Menjadi SEO Friendly)

Tautan permanen normal akan menghasilkan url artikel :
https://www.ssitussanda.com/cara-membuat-artikel-blogger.html

Tautan permanen khusus bisa anda merubahnya sesuai kata kunci yang diinginkan. Kita bisa edit url artikel seperti ini:
https://www.ssitussanda.com/membuat-artikel-seo-friendly.html

Pada kedua Permalink dan Url yang dihasilkan diatas mempunyai perbedaan yang mana pada contoh pertama adalah tautan url apa adanya sedangkan yang ke dua memiliki kata kunci sesuai judul sehingga menghasilkan kualitas Permalink yang lebih SEO.
Jika ada membuat artikel atau postingan baru saya sarankan untuk memperhatikan hal yang satu ini, karena dari kebanyakan para blogger mereka sering mengabaikan bahkan tidak tahu akan pentingnya merubah Permalink tautan khusus yang dapat menambah peringkat SEO terhadap artikel dan blog mereka.

Namun ada satu hal lain yang harus saya sampaikan yaitu:

Cara Edit Tautan permanen Url postingan yang sudah di Publish

Untuk masalah ini anda tidak bisa melakukan perubahan permalink langsung pada opsi edit. Anda harus terlebih dahulu mengembalikan artikel/postingan ke Draft kemudian jika sudah masuk ke daftar draft baru anda bisa melakukan perubahan permalink tautan permanen pada artikel tersebut.

Sekian dulu dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan beri komentar pada kotak komentar dibawah mengenai ini. Terima Kasih..

Comments


EmoticonEmoticon