Cara Menghitung Umur di Excel Menggunakan Rumus Excel

Cara menghitung umur atau usia dengan menggunakan microsoft excel bisa menjadi sebuah pekerjaan yang mudah dan cepat. Karena dengan menggunakan rumus excel penghitungan umur dan tanggal lahir, usia seseorang akan langsung muncul otomatis. Bahkan dapat menghitung bukan hanya dalam tahun saja namun lengkap dengan berapa bulan dan hari kelebihannya.

Cara Menghitung Umur di Excel Menggunakan Rumus Excel

Perhitungan umur atau usia akan serting digunakan dalam administrasi sekolah dan pekerjaan. Dalam suatu seleksi pendaftaran tertentu yang mensyaratkan umur minimal dan maksimal, dengan mengetahui usia secara cepat tentunya akan mempermudah dan memperlancar kerja kita. Rumus excel menghiting umur ini pun dapat digunakan untuk menentukan masa kerja suatu pengawai secara otomatis. Tentunya dengan merubah tanggal lahir menjadi tanggal pertama kali menjadi pegawai akan langsung diketahui berapa tahun, bulan, dan hari masa kerja ratusan pegawai sekaligus.

Mengingat pentingnya rumus menghitung umur dan menentukan masa kerja ini, pengguna microsoft excel sudah selayaknya mengetahui cara ini. Sehingga saat harus melakukan penghitungan umur ratusan siswa atau pun menghitung usia masa kerja ratusan pekerja, dapat melakukannya dengan cepat.

Cara Menghitung Usia dan Masa Kerja ataupun Umur Para Siswa

Untuk menghitung usia atau umur dan masa kerja sebenarnya menggunakan rumus excel  yang sama dengan mencari atau menghitung umur dari sekumpulan siswa. Misalnya sebagai berikut:

Pada data di atas berisikan data siswa di sebuah sekolah. Pada kolom D berisikan tanggal lahir dari amsing-masing siswa. Sedangkan kolom E berisikan umur masing-masing siswa yang harus kita hitung menggunakan ms excel.

Untuk menghitung usia siswa tersebut, tinggal kita masukkan rumus di kolom E. Rumus excelnya adalah :

=DATEDIF(D4;TODAY();"Y")&" tahun "&DATEDIF(D4;TODAY();"YM")&" bulan "&DATEDIF(D4;TODAY();"MD")&" hari "

Keterangan rumus :

D4 adalah nama cell di mana tanggal lahir berada

TODAY() adalah untuk memunculkan tanggal hari ini. fungsi ini bisa diganti dengan menuliskan tanggal secara manual kemudian menyertakan nama cell berisi tanggal tersebut dalam rumus (seumpama : =DATEDIF(D4;D5

"Y" untuk menghitung selisih dalam tahun

"YM" untuk menghitung selisih bulan yang tersisa

"MD" untuk menghitung selisih tanggal yang tersisa

" tahun "; " bulan "; dan " hari " untuk menambahkan karakter / kata tahun, bulan, dan hari di belakang angka. Jangan lupa menambahkan spasi antara tanda petik dengan tulisan.

Nah itulah rumus cara menghitung umur di microsoft excel untuk memanfaatkannya dalam mengetahui usia atau umur dan masa kerja seorang pegawai secara otomatis. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel