Mengenal Affiliate Indonesia, Komisi dan Cara Kerjanya - Mukapedia

13 February 2019

Mengenal Affiliate Indonesia, Komisi dan Cara Kerjanya

Apa itu Affiliate Indonesia, Komisi dan Cara Kerjanya
Mengenal Affiliate

Apa Itu Affiliate (Affiliasi)? Affiliate Marketing merupakan suatu system bisnis penjualan yang dimana produk yang anda jual dengan menggunakan website atau blog anda sebagai media promosi iklan tersebut sehingga anda akan mendapatkan komisi/penghasilan dari klien anda atau perusahaan yang mendanai produk tersebut.

Sebelum mengenal lebih jauh berikut macam-macam bisnis affiliate marketing yang harus anda ketahui.

1. Pay-Per Sale Affiliate Program

Dalam kaedah ini, kita akan memperoleh keuntungan apabila seseorang membeli produk melalui affiliate link kita. Cotohnya produk yang biasa dipasarkan dengan menggunakan cara ini adalah penjualan ebook. Biasanya keuntungan yang diperoleh hingga 80%. Keuntungan ini biasanya ditetapkan oleh affiliate merchant. Selain itu ada juga affiliate merchant yang menetapkan keuntungan yang akan mereka bayar kurang dari 50 %

2. Recurring Affiliate Program

Dalam program recurring, affliate merchant akan memberi keuntungan kepada kita secara tetap ataupun berkala. Biasanya program ini ditawarkan kepada kita karena menyertai suatu produk dengan bayaran secara bulanan.

Contohnya adalah seperti webhosting, autoresponder ataupun membership website seperti affiliate classroom Walaupun keuntungan yang diterima dengan jumlah yang kecil tetapi program ini tetap memberi kelebihan kepada kita. kenapa? Ini adalah karena, kita boleh menerima keuntungan selagi pelanggan membayarnya setiap bulan. Sebagai contoh kita lihat affiliate classroom. Untuk menyertai program ini kita perlu membayar produk yang disediakan setiap bulan sebanyak $47. Jika kita ingin mendapat keuntungan dari apa yang telah kita kerjakan, kita hanya mempromosi affiliate classroom menggunakan affiliate link. Di mana jika ada pelanggan yang menyukai affiliate classroom melalui afffiliate link kita, Kita akan menerima keuntungan setiap bulan.

3. Pay Per Lead Affiliate Program

Pay-per-lead adalah jenis affiliate program yang menerima keuntungan untuk setiap prospek (leads) dengan kelayakan tertentu yang kita bawa ke website merchant melalui affiliate link. Affiliate merchant akan memutuskan adakah leads yang kita bawa memenuhi kelayakan yang mereka tetapkan atau tidak

4. Pay-Per-Click Affiliate Program

Pay-Per-Click Affiliate Program merupakan satu program yang unik. Ini adalah karena anda akan mendapat bayaran apabila link iklan di website anda di klik oleh pengunjung. Beberapa masyarakat tertentu yang bersedia membayar apabila link iklan mereka di klik oleh pengunjung di website anda. Anda hanya perlu menyediakan ruang iklan diwebsite anda untuk program mereka

5. Pay-Per-Search Affiliate Program

Pay-Per-Search Affiliate Program ini hampir serupa dengan pay-per-click. Perbedaannya hanyalah pada modelnya saja. Melalui program ini anda akan menerima bayaran apabila pengunjung di website anda mencari program dengan menggunakan “search box” yang telah anda tempatkan di website anda. Untuk lebih jelas, anda pasti mengetahui search engine seperti google.com ataupun yahoo.com. pay-per-search adalah sama seperti search engine di mana program ini akan menjadikan website anda sebagai search engine. Anda perlu menempatkan “search box” di website anda, jika ada pengunjung menggunakannya dan klik pada link yang dipaparkan, anda akan menerima pembayarannya

6. Hybrid Programs

Hybrid Programs adalah di mana affiliate merchant menggabungkan beberapa program bayaran yang berbeda Sebagai contoh Affiliate merchant akan menawarkan $0.10 setiap kali pengunjung website akan klik pada link iklan mereka dan apabila ada pengunjungyang membeli produk mereka, affiliate merchant akan membayar keuntungan sebanyak 15% kepada anda.

7. Pay Per View

Pada tipe ini anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah tayangan sebuah website yang berkunjung melalui link affiliasi anda.

Cara kerja dari affiliate program

Dengan Penjualan Afiliasi, seorang pedagang mengambil isi situs sebagai partner afiliasi mereka dalam pasar untuk meraih komisi. Pedagang menyediakan spanduk iklan yang tersambung ke afiliasi mereka dan menentukan sebuah komisi untuk setiap click ke situs mereka, berlangganan ke service mereka (sebuah leads/prospek untuk menjadi kastamer), atau membeli produk mereka yang dihasilkan dari link. Afiliasi menempatkan pelacakan kode iklan-iklan ini untuk dimasukkan ke dalam halaman-halaman Web mereka. Kapanpun seorang pengunjung masuk ke situs afiliasi dengan menggunakan link ini untuk menghasilkan sebuah “click-through, petunjuk, atau penjualan barang dimana transaksinya dapat dilacak secara online. Jika sebuah produk atau jasa debeli, maka pelanggan membayar langsung, dan mendapat komisi atas transaksi tersebut.

Efektifitas affiliasi marketing!

Diharapkan jika anda ingin mendapatkan keuntungan dari program affiliasi ini maka harus menyertakan program affiliasi tersebut didalam website anda atau blog anda yang sering dikunjungi oleh banyak pengunjung dengan demikian program affiliasi tersebut dari berjalan seefektif mungkin dan anda pasti akan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari pemilik produk yang anda pasarkan di website atau blog anda.

Semoga bermanfaat..
Comments


EmoticonEmoticon