Cara Membuat Hyperlink Antar Slide di Power Point Dengan Mudah


Cara Membuat Hyperlink Antar Slide di Power Point - Sering membuat slide presentasi, bukan? Cara pengoperasian (navigasi) slide presentasi yang biasa kita lihat umumnya berupa tombol dengan tulisan “next, next, next, previous” saja. Kalau ingin melompat ke tiga slide di depannya berarti harus menekan beberapa next itu. Begitupun kalau ingin melompat ke beberapa slide sebelumnya, berarti kita harus melakukan previous. Merepotkan, bukan? Bandingkan dengan halaman website yang memiliki berbagai menu yang bisa diklik jika ingin melompat ke halaman manapun. 

Tahukah Anda, ternyata power Point juga punya fasilitas untuk membuat slide presentasi layaknya sebuah halaman website, lho, dengan cara membuat Hyperlink antar slide di power point.

Cara membuat Hyperlink di PowerPoint 

Langkah-langkah membuat hyperlink slide Power Point

1. Siapkan sebuah dokumen Power Point

2. Buat empat slide untuk contoh lalu isi dengan tulisan/gambar.

3. Kembali ke slide 1, disini kita akan membuat tombol yang akan kita gunakan sebagai navigasi menuju slide lainnya.

4. Buat tombol menggunakan shape (Insert>Shapes), pilih kotak berujung bulat. Buat tiga buah ya. Shape pertama untuk navigasi ke slide 2, shape kedua untuk navigasi ke slide 3 dan shape terakhir digunakan untuk navigasi ke slide 4. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.

5. Selanjutnya adalah  memberikan ‘Aksi’ pada tombol-tombol tersebut sehingga ketika ditekan langsung mengarahkan kita ke slide yang dipilih. Caranya, klik tab Insert, lalu klik tombol pertama. Perhatikan menu powerpoint pada bagian atas lalu pilih Action


6. Pada jendela Action Setting pilih tab Mouse Click lalu pilih Hyperlink to:  lalu pilih Slide ….

7. Setelah muncul jendela Hyperlink to Slide, pilih slide nomor 2 kemudian tekan OK.

Coba dulu, yuk. Tekan tombol F5 pada keyboard untuk mengaktifkan slideshow. Gimana? Berhasil, berhasil? Kalau berhasil, lakukan hal yang sama untuk tombol yang lainnya.

Menggandakan navigasi slide

Setelah tombol yang dibuat dirasa sudah oke, saatnya untuk menggandakan navigasi tersebut untuk diletakkan pada hyperlink slide lainnya. Caranya tinggal blok tombol-tombol tadi lalu Copy, kemudian Paste pada halaman slide lainnya.

Oh iya satu lagi, jangan lupa berikan juga tombol untuk navigasi ke halaman pertama, ya. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel