Tips Mengecas Hp Yang Benar Agar Baterai Awet Tahan Lama

Cara Mengecas Hp Yang Benar Agar Baterai Awet Tahan Lama

Cara Mengecas Hp Yang Benar Agar Baterai Awet Tahan Lama | Masalah lemahnya daya tahan baterai hp atau ponsel pintar seperti android menjadi salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan para pengguna. Sebenarnya masalah tersebut timbul akibat penggunaan Hp android yang sangat intensif sehingga bukanlah suatu kebetulan jika baterainya cepat sekali habis.

Sebuah pemandangan yang teramat umum jika para pengguna Hp android terlihat membawa powerbank kemana-mana. Maklum saja, powerbank menjadi alat paling praktis agar Hp Android tetap bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Apalagi untuk Hp yang baterainya sudah semakin menurun performanya.

Sebenarnya borosnya baterai Hp smartphone android tidak hanya karena penggunaan yang intens, namun juga karena cara charging/mengecas baterai yang tidak sesuai dengan aturan yang benar. Banyak pengguna yang mengabaikan proses charging atau pengecesan yang benar sehingga mendapati baterai hp smartphone-nya semakin boros dari hari ke hari.

Lalu bagaimana cara mengecas hp yang benar agar baterai tahan lama?

Lucky Sebastian , pakar sekaligus pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade, seperti dilansir dari liputan6.com mengatakan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengguna agar baterai hp lebih awet.

Salah satunya adalah menghindari mengecas ulang baterai hp pada saat baterai sudah kehabisan daya sama sekali. Sebaiknya baterai segera diisi ulang ketika daya yang tersisa masih 20-30 %. Jadi jangan tunggu habis dulu baru mengecasnya. Dengan membiasakan cara mengecas ulang baterai seperti itu, masa cycle atau frekuensi pengisian ulang baterai akan menjadi lebih panjang sehingga baterai lebih awet.

Baterai hp smartphone yang ada di pasaran saat ini terdiri dari 2 jenis yaitu Li-ion dan Li-Polymer. Saat ini kebanyakan ponsel pintar menggunakan baterai berjenis Li-ion karena baterai jenis Li-Polymer masih dalam tahap pengembangan.

Masa cycle baterai Li-ion umumnya adalah 500 kali. Jadi ketika pengguna mengecas dan mengisi ulang baterai lebih dari 500 kali, baterainya akan mengalami penurunan performa. Jadi baterai ponsel memang ada masa pakainya. Jika pengisian ulang dilakukan dengan benar maka masa pakainya bisa semakin lama dan tentunya anda tidak perlu segera membeli baterai baru untuk hp anda.

Nah demikian tentang cara mengecas hp yang benar agar baterai awet dan tahan lama dan tidak cepat habis. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel