Cara Mengatasi Android yang Restart Sendiri (Ngelag)

Cara Mengatasi Android yang Restart Sendiri (Ngelag)

Cara Mengatasi Android yang Restart Sendiri (Ngelag) | Sebagian besar pengguna smartphone berbasis Android pasti pernah mengalami masalah android restart sendiri entah itu secara berkali-kali dan ngelag. Kondisi di mana smartphone yang dimiliki mulai menunjukkan kalau smartphone tersebut sedang dalam keadaan yang kurang baik, jika android nge-lag terlalu lama maka perangkat akan tiba-tiba restar sendiri. Tidak hanya sekali, pada beberapa perangkat tertentu hal tersebut jutsru terjadi berkali-kali. Ini tentu saja membuat pengguna android menjadi pusing dan kebingungan dengan apa yang telah terjadi dan bagaimana cara untuk mengatasi android restart semdiri.

Perangkat Android jika sudah terlalu lama digunakan atau terlalu sering diutak-atik, maka akan menunjukkan beberapa kenaehan sebagai tanda bahwa perangkat tersebut sedang bermasalah. Salah satunya seprti perangkat android sering restart sendiri. Untuk yang satu ini ada beberapa factor yang menyebabkannya, seperti aplikasi yang kita pasang (install) terlalu banyak, aplikasi yang ada mengalami crash, menginstal aplikasi yang tidak disarankan oleh Google (Aplikasi hasil crack), memori RAM yang sudah terlalu penuh dan file sistem yang corrupt.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk beberapa permasalahan pada perangkat Android seperti kasus yang satu ini, bisa diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengembalikan pengaturan perangkat ke pengaturan semula (factory reset). Namun sebelum melakukannya, amankan (backup) terlebih dahulu semua data-data penting yang ada di perangkat. Setelah itu masuk ke menu pengaturan, pilih menu cadangan & setel ulang, lalu pilih kembalikan ke setelah pabrik. Perangkat akan melakukan proses pengaturan ulang.

Pada beberapa smartphone android tertentu seperti Samsung misalnya, bisa mencoba untuk melakukan falsh atau reset melalui Boot Mode. Caranya adalah dengan menekan tombol menu dan tombol Volume (-/+ sesuai dengan tipe perangkat masing-masing) dalam kedaan perangkat off. Setelah perangkat melalakukan restart secara otomatis maka akan muncul menu untuk melakukan pengaturan ulang.

Jika kedua cara di atas tidak begitu membantu mengatasi masalah, sialhkan untuk melakukan flashing firmware, langkah-langkahnya bisa dicari melalui halaman Google karena setiap perangkat memiliki caranya masing-masing. Apabila bingung dan tidak ingin repot, bawa saja perangkat yang bermasalah tersebut ke service center terdekat untuk mengatasi android restart sendiri dan restart berkali kali. Semoga saja cara-cara tersebut dapat membantu, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel