Apa Itu Googlebot? Berikut Jenis Googlebot dan Cara Kerjanya

Apa Itu Googlebot? Jenis Googlebot dan Cara Kerjanya

Apa Itu Googlebot? Jenis Googlebot dan Cara Kerjanya |
Untuk memulai posting ini, ada baiknya kita memahami program yang di gunakan Google serta cara kerjanya untuk melakukan perayapan/spider dan crawl ketika mengindex sebuah situs blog, program tersebut umumnya dikenal dengan GOOGLEBOT.

Apa Itu Googlebot?

Googlebot adalah webcrawler (perayap jaringan) yang digunakan oleh Google saat mengindex sebuah situs blog. Googlebot ditugaskan untuk mencari dan mengumpulkan informasi halaman-halaman yang ada di internet. Informasi yang dikumpulkan Googlebot digunakan untuk memperbarui index Google.

Apa itu WebCrawler?

Sebenarnya Webcrawlers  juga disebut sebagai bots, robots, atau spiders, namun Webcrawlers merupakan software yang didesain untuk mengikuti tautan-tautan/links dan mengumpulkan data serta informasi dari link tersebut. Googlebot mengambil konten dari halaman-halaman web, seperti kata-kata, kode, dan sumberdaya yang menyusun halaman web tersebut.

Googlebot Terbagi Menjadi 3 Jenis:

1. Adsense bot

2. FreshBot

3. DeepCrawl Bot

Bot Adsense, dari namanya kita sudah mendapat gambaran bahwa bot ini mempunyai kaitan dengan Adsense, yang mana cara kerjanya untuk mempelajari atau merayapi situs dan akhirnya mengidentifikasi halaman dari situs publisher Adsense melalui sebuah pesan dari beberapa Kode Javascript yang terintegrasi di dalam kode Adsense yang kita tempatkan di template. Tujuan tersebut agar iklan Adsense yang tampil relevant sesuai dengan niche dan konten pada sebuah blog.

Freshbot, adalah bot yang paling aktif bekerja di antara googlebot yang lainnya, ia secara rutin mengunjungi sebuah situs blog untuk meng-crawl halaman dan merayapi halaman yang paling popular. Berapapun jumlah halaman blog tersebut. Namun besaran frekuensi kunjungan Freshbot tidak terlepas dari faktor popularitas sebuah blog/website, tentu saja semakin popular sebuah web maka semakin sering freshbot merayapinya. Situs berita seperti BBC, CNN atau situs Marketplace Online seperti Ebay.com, Amazon.com di crawl dalam hitungan menit (biasanya 10 menit sekali) setiap harinya.

Setiap blog yang sudah berumur cukup lama, blog tersebut mempunyai Deeper Links, ketika Freshbot menemukan blog tersebut saat merayapi, ia akan menempatkan deeper link dalam daftar antri (Queue) menunggu hingga Deepcrawl beraksi.

DeepCrawl bot, bot ini di atur untuk bekerja melakukan crawl tiap satu bulan sekali, sebelum ia merayapi, ia terlebih dahulu mengecek semua deeper link yang telah ngantri di database, lalu ia menggunakannya sebagai refrensi saat meng-crawl sebuah blog. di karenakan, ia di program untuk melakukan kunjungan tiap satu bulan sekali, maka diperlukan waktu satu bulan agar seluruh konten blog kita terindeks. Dan update Pagerank sebuah blog/halamannya erat kaitannya dengan kedatangan Deepcrawlbot.

Tipe-Tipe Googlebot

Googlebot mempunyai 9 tipe yang berbeda dengan fungsi yang berbeda sesuai cara kerjanya masing-masing. Kesembilan Googlebot tersebut adalah:
  1. Googlebot (Google Web search)
  2. Google Smartphone
  3. Google Mobile (Feature phone)
  4. Googlebot Images
  5. Googlebot Video
  6. Googlebot News
  7. Google Adsense
  8. Google Mobile Adsense
  9. Google Adsbot (landing page quality check)
Bagaimana Mengetahui Kedatangan freshbot dan Deepcrawl bot Pada Blog:

Untuk mengenalinya tentu saja melalui IP Address, biasanya IP address freshbot dimulai dengan 64, dan Deepcrawlbot dimulai dengan 216. Dan keseluruhan bentuk ipnya seperti ini:

Freshbot IP:
64.208.32.4.
64.68.82.0-255
64.68.82.47

Deepcrawlbot IP:
216.239.45.4
216.239.46.0-255
216.239.46.53

Jadi ketika kita melihat nomer ip address yang di awali dengan 216 muncul di blog anda. Maka itu bertanda Google akan “berdansa” (Google dance), untuk mengkalkulasi ulang nilai PR, Backlinks dan rangking serta kemunculan blog anda di hasil pencarian atau SERP, yang hasil dari semua kalkulasi tersebut kemudian terjadilah UPDATE PAGERANK!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel