Bagaimana Cara Memulai Usaha? - Mukapedia

01 April 2019

Bagaimana Cara Memulai Usaha?

Bagaimana Cara Memulai Usaha?

Oke pada artikel berikut ini akan membedah langkah-langkah yang harus diambil apabila kita memutuskan untuk memulai sebuah wirausaha. Diasumsikan bahwa kita akan memulai dari Nol, tanpa bantuan apapun tanpa campur tangan siapapun.

Baik setelah kita menyadari bahwa pentingnya sebuah usaha bagi setiap orang mungkin akan memunculkan banyak sekali ide-ide usaha. Nah kita dapat mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk yang menjadi “booming” bahkan tidak mungkin kan menjadi “masterpiece”.

Oleh karena itu, melihat betapa pentingnya mengubah ide menjadi suatu  produk yang “mahal”. Maka kita dapat menentukan langkah-langkah apa yang harus diambil guna mewujudkan hal tersebut. dalam arti lain strategi-strategi apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan “Benefit” bahkan “Branding” atas ide briliyan kita.

Baik langkah-langkah mendasar yang perlu kita lalui untuk memulai usaha adalah ;

1. Memulai dengan Ide

    Sesuai dengan pola dasar manusia yang selalu diawali dengan pemikiran maka ide selalu menempati rangking pertama dalam menentukan jenis usaha. Bahkan menurut beberapa pakar otak kanan kita harus sering-sering bermimpi supaya mempercepat realisasi dari ide. menyenangkan bukan?

2. Mencari modal

   langkah selanjutnya adalah mencari modal untuk usaha. eitsss…jangan protes dulu lo. Modal bisa berarti modal uang dan modal non uang. Jadi yang merasa tidak cukup uang jangan berkecil hati.

   Lo kok ada modal non uang? ya misalnya kita puny tempat, maka bisa disebut sebagai modal tempat. Punya motor untuk ngojek bisa diartikan modal. Bahkan dengkul pun selalu diyakini semua orang salah satu modal kok. Iya ga ?

3. Melakukan riset terhadap pasar

    Lakukan riset kecil-kecilan terhadap psar yang kita bidik. Jangan sampai kita sebagai orang baru langsung akan turun di pasar yang sama dengan pra raksasa bisnis di bidang yang sama. Kecuali kita punya nilai jual yang BERBEDA. Apa itu? Nah di artikel-artikel "Mukapedia" banyak sekali ide-ide bisnis yang menarik dan unik. silahkan dikunjungi.

4. Rencana dan Pengembangan

    Rencana dan pengembangan usaha kita harus menjadi salah satu langkah yang harus kita berikan perhatian. Usaha yang baik itu akan selalu berkembang dan tahu yang mesti dilakukan 5, 10, bahkan 15 tahun lagi ke depan. Jangan sampai kita berdiam hanya dalam 1 program tahunan saja.

5. Mencari partner, supplier dan tempat yang tepat

    Masih berhubungan dengan rencana pengembangan. Kita harus mulai untuk mencari partner kerja yang sesuai apabila kita ingin mengembangan usaha kita lebih cepat. Demikian pula dengan supplier, kita harus mulai mencari list beberapa suplier guna mencari mana yang paling efektif dan terjangkau. Kemudian Tempat usaha dapat kita ubah menjadi lebih menarik, bahkan kalau pelu cari tempat yang sesuai dengan pasar yang menjadi target kita.

6. Menajemen usaha

    Dalam hal manajemen merupakan langkah pasti yang harus kita lakukan. Mulai dari usaha terkecil maupun terbesar harus selalu menerapkan manajemen yang baik. Guna mengetahui perkembangan, hambatan-hambatan, dan strategi-strategi dagang yang perlu diambil. Perlu diketahui bahwa dunia usaha selalu berkembang setiap harinya. Sehingga memerlukan strategi-strategi maupun kebijakan-kebijakan lain yang perlu diambil agar usaha kita tidak tergeser oleh para pendatang-pendatang baru.

Itulah beberapa langkah dasar yang harus kita perhatikan supaya kita dapat memulai usaha yang baru. Namun karena perkembangan dunia usaha yang selalu berkambang, adakalanya langkah-langkah diatas ada yang tidak sesuai. Jadi pintar-pintarnya Anda sendiri lah yang akan memutuskan jalan keluarnya.

Comments


EmoticonEmoticon