6 Peluang Usaha, Bisnis Online yang Favorite Di Internet - Mukapedia

06 April 2019

6 Peluang Usaha, Bisnis Online yang Favorite Di Internet

Peluang Usaha, Bisnis Online yang Favorite Di Internet

Di era globalisasi ini peluang usaha online atau sering juga disebut dengan bisnis online, semakin banyak diminati dan menjadi favorit bagi kalangan bawah sampai kalangan atas, karena dianggap sebagai usaha yang juga cocok buat kita jalankan dirumah dan dalam keadaan apapun. Usaha rumahan ini juga memiliki prospek lebih baik dari pada usaha offline. Memang tidak sedikit orang yang telah mencoba peluang usaha online tetapi menemui kegagalan pada waktu baru sedang memulai usaha, tetapi tidak sedikit pula yang langsung bisa sukses sejak awal. Peluang usaha online tidak berbeda dengan peluang usaha yang lain, dalam menjalankan usaha ini harus dengan penuh kecermatan dan kehati – hatian.

Di  dunia maya banyak orang yang sengaja memanfaatkan orang – orang yang masih awam bisnis online untuk ditawari peluang usaha tertentu padahal tujuan utamanya adalah menipu dan mengambil keuntungan dari ketidaktahuan orang tersebut terhadap bisnis atau usaha online. Janji manis yang ditawarkan adalah biasanya adalah meyakinkan kepada calon pebisnis online bahwa peluang usaha yang mereka tawarkan adalah sebuah bisnis atau usaha yang menjadikan orang bisa cepat kaya dengan hanya melakukan bisnis online yang pelaksanaannya praktis dan sederhana. Semua orang tahu dalam dunia usaha,  peluang usaha yang dilaksankan secara online maupun secara offline, ungkapan cepat menjadi kaya tidak mungkin terjadi.  Peluang usaha  online (bisnis online) ataupun offline  dalam menunjang keberhasilannya memerlukan keuletan dan kerja keras. Peluang usaha yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik bila para pelaku usahanya melakukan dengan sungguh – sungguh dan penuh perhitungan. Namun demikian, patut diakui bahwa peluang usaha online mempunyai beberapa  keunggulan dibandingkan dengan usaha offline.

Dari segi pelaksanaan peluang usaha online dipandang mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan usaha offline terutama fleksibilitas dari segi tempat dan waktu. Peluang usaha online disebut mempunyai keunggulan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa dikerjakan di mana saja artinya usaha atau bisnis tersebut dapat dikerjakan dirumah, di tempat rekreasi, di hotel dan di mana saja asalkan tempat tersebut ada dan bisa mengakses internet.  Dikatakan mempunyai keunggulan bila dilihat dari waktu pelaksanaan karena usaha online bisa dilakukan kapan saja tergantung dari orang yang melakukan bisnis tersebut  bisa siang ataupun malam. Oleh karena itu peluang usaha online menjadi favorit untuk dijadikan sebagai pekerjaan sampingan bagi mereka yang sudah bekerja dan bahkan dijadikan perkerjaan utama bagi mereka yang belum mempunyai pekerjaan tetap.

Secara umum sekarang ini peluang usaha online lebih banyak dicari terutama oleh kaum muda karena usaha online dipercaya lebih praktis pelaksanaannya dibanding  bisnis offline. Selain itu peluang usaha online dipilih oleh kebanyakan orang yang baru akan memulai bisnis karena diakui usaha ini memerlukan modal awal yang relatif kecil. Dikatakan memerlukan modal awal yang kecil karena untuk memulai bisnis online yang terpenting ada komputer dan sambungan internet, bahkan jika keduanya belum punyai maka orang yang mau menjalankan usaha online bisa melakukannya di warnet. Dengan kelebihan – kelebihan tersebut maka peluang usaha online menjadi primadona terutama bagi kaum muda. Untuk lebih jelasnya tentang kelebihan – kelebihan usaha online dibandingkan dengan usaha offline dapat didilihat sebagai berikut :

  • Tidak perlu meninggalkan rumah, bekerja cukup didepan layar laptop dan PC.
  • Bisa langsung berinteraksi dengan konsumen dari tempat yang tidak terbatas tempatnya.
  • Pada jenis bisnis tertentu misalnya menjual e-book, bisnis affiliasi, menjual sofware pebisnis online tidak perlu memikirkan proses produksi barang dan pengiriman barang.
  • Target pasar usaha online lebih luas dibanding usaha offline karena konsumen berada pada tempat pada kisaran yang luas sebatas tempat tersebut dapat dijangkau oleh jaringan internet bahkan tidak hanya nasional tetapi dunia.

Ada banyak peluang usaha online yang bisa dipilih untuk membangun sebuah bisnis. Untuk menentukan mau memilih yang mana yang akan dikerjakan tentunya harus dipertimbangkan masak – masak. Pemilihan peluang usaha online ini bisa disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki atau juga bisa disesuaikan dengan hobi seseorang.  Berbagai peluang usaha online  yang mungkin bisa kita pilih sebagai bisnis kita di antaranya adalah :

1.  Peluang Usaha Toko Online

Salah satu peluang usaha online yang lagi digandrungi atau lagi banyak diminati oleh para pebisnis online adalah toko online. Dalam dunia offline, toko diartikan sebagai tempat untuk menjual barang. Toko online pada dasarnya sama yaitu tempat untuk menjual barang tetapi didalam jaringan internet. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa toko online merupakan suatu tempat yang mana disitu dapat menjual barang atau jasa sementara yang membeli barang bisa langsung memesan sedemikian rupa sehingga akan terjadi kesepakatan transaksi jual beli yang dilakukan di internet secara online. 

Peluang usaha toko online akhir – akhir ini menjadi favorit karena toko online mempunyai beberapa kelebihan di bandingkan kalao mendirikan toko fisik yang memerlukan tempat dan biaya besar. Kelebihan yang dipunyai oleh toko online diantaranya adalah  antara penjual dan pembeli tidak perlu ketemu dan bertatap muka cukup dengan melakukannya di internet, bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan karyawan, biaya pembuatan toko online jauh lebih murah bila dibandingkan dengan toko fisik, waktu melakukan usahanya fleksibel bisa siang atau malam dan jangkauan pemasaran sangat luas sampai tempat – tempat di manapun yang terjangkau oleh sambungan internet. Sehingga toko online merupakan salah satu cara bisnis online yang sangat mudah.

2. Peluang Usaha Dropshipping

Dropshiping merupakan peluang usaha yang mana orang yang menjalankan usaha tidak harus punya barang sendiri. Selain itu pada peluang usaha online yang ini orang yang melakukan bisnis tidak perlu mengurus pengiriman barang ke alamat konsumen. Peluang usaha dropshiping banyak diminati oleh pebisnis online pemula karena untuk menjalankan bisnis model ini hanya memerlukan modal yang kecil. Keuntungan bisnis dropshiping diperoleh dari komisi dari sang pemilik barang. Tugas pebisnis adalah mempromosikan barang milik orang tersebut, dan apabila terjadi transaksi penjualan maka pebisnis tadi akan mendapatkan komisi yang besarnya sesuai dengan kesepakatan. Dalam istilah sehari – hari peluang usaha dropshiping ini barang kali mirip dengan usaha menjadi makelar.

3. Jualan E-book Juga Merupakan Peluang Usaha Yang Menjanjikan.

Peluang usaha menjual e-book pada dasarnya adalah menjual buku di internet. E-book yang dijual bisa milik sendiri atau karangan sendiri atau e-book milik orang lain. Yang dimaksud e-book orang lain disini adalah e-book yang dijual di website penjual e-book milik orang lain, dalam hal ini orang yang ikut menjualkan disebut reseller. Penjualan e-book sebagai peluang usaha yang menjadi pilihan sebagian pebisnis online karena bisnis ini memerlukan biaya yang murah. E-book merupakan buku dalam bentuk file elektronik, sehingga ada yang ingin membeli e-book maka dilakukan dengan sistem download dan penjual tidak perlu mencetak ulang bukunya sehingga biaya bisnis e-book murah. Dengan demikian peluang usaha ini banyak diminati oleh pebisnis online terutama yang terkendala dengan keterbatasan modal usaha.

4. Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website.

Peningkatan penggunaan internet membuat peluang usaha jasa pembuatan website mempunyai prospek yang semakin baik. Zaman sekarang ini merupakan era informasi. Siapa yang ketinggalan informasi maka dipastikan akan kalah bersaing. Infornasi lebih banyak didapatkan dari internet. Banyak orang yang ingin mempunyai website sendiri sementara orang tersebut belum bisa merancang sendiri atau karena alasan kesibukan orang tersebut tidak mempunyai waktu untuk merancang website sendiri. Melihat kenyataan tersebut maka dapat dipastikan ada peluang usaha jasa pembuatan website. Berkembangnya bisnis online mengakibatkan banyak orang yang ingin membuat website bisnis. Inipun merupakan peluang usaha bagi mereka yang mempunyai keahlian pembuatan website.

5. Jasa SEO Sebagai Peluang Usaha Baru

Semakin meningkatnya pebisnis online menjadikan peluang usaha baru bagi pelayanan jasa SEO. Para pebisnis online kalao ingin usahanya berhasil tentunya website bisnisnya harus tampil di halaman pertama di search engine. Untuk bisa tampil di halaman pertama search engine maka website tersebut harus dioptimalkan dengan cara – cara tertentu sehingga website akan bisa tampil dihalaman pertama. Ilmu tentang pengoptimalan website tersebut disebut SEO (Search Engine Optimization).  Sedikit sekali orang yang tahu dan paham tentang ilmu SEO, sehingga menjadi peluang usaha bagi mereka yang mempunyai keahlian tentang SEO. Peluang usaha SEO sangatlah bagus bagi yang ahli dibidangnya karena jasa SEO banyak diperlukan orang terutama para pebisnis online dan harga jasa SEO ini biasanya mahal. Oleh karena itu jasa SEO merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan karena ahlinya baru sedikit dan harga jasa SEO-nya relatif mahal.

6. Memanfaatkan Peluang Usaha Google AdSense

Peluang usaha online lain yang tak kalah menarik adalah jasa pemasangan iklan. Google mempunyai layanan pemasangan iklan diwesite atau blog siapapun dan pemilik website atau blog akan memperoleh pendapatan dari google dengan sistem bagi hasil. Google Adsense termasuk peluang yang banyak sekali diminati oleh pemilik website atau para blogger. Untuk mengikuti program google adsense tidak mudah karena google memilih website yang mempunyai trafik tinggi untuk bisa dipasangi iklan oleh google. Namun demikian terbukti sangatlah banyak website yang berhasil mempunyai trafik tinggi dan permohonan pemasangan iklannya disetujui oleh google. Dengan memperhatikan bukti tersebut maka google adsense tetap merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Website atau blog yang trafiknya masih rendah harus ditingkatkan terus dengan menerapkan ilmu SEO sehingga pada akhirnya akan bisa mengikuti program google adsense.

Yang dikemukakan di atas hanya beberapa contoh peluang usaha online yang mungkin bisa dipilih untuk usaha. Sebenarnya masih banyak lagi jenis usaha online yang  ada pada saat ini. Ini membuktikan bahwa sangatlah banyak peluang usaha online yang berkembang pada masa sekarang ini. Bagi yang akan memulai usaha online ternyata banyak peluang usaha online yang dapat dipilih. Dalam memilih peluang usaha online hendaknya bijak dalam menyikapinya, disesuaikan dengan keadaan pribadi masing – masing sehingga usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Usaha online sangat mudah dan murah untuk dijalankan oleh karena itu ini merupakan lowongan kerja bagi yang sampai saat ini belum memperoleh pekerjaan.

Comments


EmoticonEmoticon