10 Tips Menghemat Baterai Ponsel Smartphone Android Yang Boros

10 Tips Menghemat Baterai Ponsel Smartphone Android Yang Boros

Cara Menghemat Baterai Ponsel Smartphone Android Yang Boros- Ponsel pintar Android atau smartphone saat ini bukan lagi barang mewah, namun sudah menjadi kebutuhan primer dalam aktifitas sehari-hari, baik sebagai alat komunikasi, perlengkapan kerja, hiburan bermain game, melihat film, menyimpan foto, maupun merekam video. Namun ketika sebuah ponsel pintar mampu melakukan berbagai fungsi, justru kinerja baterai semakin menurun. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa melakukan beberapa tips dan cara untuk menghemat baterai smartphone Android berikut ini.

Cara Menghemat Baterai Smartphone (Android)

Tips apa saja yang harus kita lakukan untuk menghemat baterai smartphone android yang boros?

1. Mode hemat daya (Power saving mode)
Pada umumnya smartphone Android dan Windows Phone menyertakan fitur mode hemat daya. Fitur tersebut umumnya terletak pada menu pengaturan (setting). Mode tersebut akan aktif setelah baterai mencapai level tertentu dan akan mematikan fitur yang boros baterai, seperti push email, intensitas kecerahan layar (LCD/display brightness) dan fitur-fitur lainnya.

Sayangnya Apple belum dilengkapi dengan fitur untuk menghemat daya atau baterai. Namun Apple memiliki aplikasi gratis, seperti Battery Life Pro untuk memonitor kinerja baterai dan mematikan aplikasi-aplikasi yang boros daya baterai.

2. Tingkat kecerahan layar (LCD/Display Brightness)
Layar merupakan komponen smartphone Android yang paling cepat menghabiskan daya baterai sehingga baterai android menjadi boros. Semakin besar dan cerah intensitas layar smartphone Android , semakin besar pula konsumsi daya baterai. Anda bisa menghemat baterai dengan memilih intensitas kecerahan layar yang otomatis menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Jika baterai sudah hampir habis, tingkat kecerahan layar akan turun serendah mungkin untuk menghemat baterai.

Pastikan kunci otomatis Anda berfungsi. Jadi ketika smartphone Anda sedang tidak digunakan, layar akan mati untuk menghemat baterai. Wallpaper berwarna gelap juga membantu menghemat baterai. Jangan pasang telepon seluler Anda dengan screen saver, live wallpaper, ataupun mode getar, cukup aktifkan mode silent (sunyi) saja.

3. Matikan sinkronisasi email (Push mail)
Smartphone android Anda mungkin memeriksa email setiap beberapa menit. Setiap kali hal itu dilakukan, konsumsi baterai akan meningkat dan menjadi cepat habis. Ubahlah interval sinkronisasi email atau Anda bisa mematikan fitur ini jika dirasa tidka terlalu penting.

4. Matikan konektivitas
Fitur konektivitas seperti Wi-Fi, Internet, GPS, dan Bluetooth ada pada hampir semua ponsel Smartphone modern atau Android. Jika Anda lupa mematikan Wi-Fi saat meninggalkan rumah, maka telepon Anda akan terus mencari koneksi, dan hal tersebut akan meningkatkan konsumsi daya baterai android yang mengakibatkan baterai menjadi boros. Pastikan Anda telah mematikan semua fitur konektivitas sebelum keluar rumah.

Untuk pengguna smartphone Android, Anda bisa mematikan fitur koneksi jaringan data melalui fitur data network mode, lalu pilih disable, cara ini untuk menghemat baterai android

5. Matikan aplikasi
Meski Anda sedang tidak menggunakan aplikasi, kemungkinan aplikasi tersebut tetap berjalan di belakang layar (Idle) sehingga akan cepat menghabiskan daya baterai. Matikanlah aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk menghemat pemakean baterai. Untuk iPhone tekan tombol menu sebanyak dua kali, pilih ikon program dan klik tombol minus. Untuk smartphone Android, Anda bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai. Matikan aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghematnya.

6. Mode pesawat terbang (Flight/Airplane Mode)
Pada kondisi normal, smartphone akan selalu berusaha terhubung ke sebuah jaringan, entah itu jaringan seluler, Wi-Fi, atau jaringan data. Semakin keras usahanya untuk terhubung ke sebuah jaringan, semakin besar daya baterai yang terkuras. Ketika kondisi sinyal buruk lebih baik gunakan mode pesawat terbang (Airplane mode), hal itu akan menghentikan ponsel mencari sinyal dan dapat menghemat baterai ponsel android yang tersisa.

7. Kurangi update media sosial
Mendapatkan notifikasi update social media seperti Facebook, Twitter dan email ke ponsel Anda akan menghabiskan baterai. Jadi lebih baik matikan notifikasi ini. Sebagian ponsel pintar mempunyai fitur mematikan notifikasi dengan satu kali klik. Jika Anda tidak menemukan fitur ini pada ponsel Anda, cukup dengan keluar (logout) aplikasi-aplikasi social media tersebut untuk menghemat pemakean baterai android anda.

8. Jangan mendownload gambar
Mengunduh gambar ketika sedang browsing dan menggunakan email merupakan hal yang banyak dilakukan orang tanpa berpikir efeknya terhadap konsumsi daya baterai smartphone yang menjadi boros. Setiap Anda mengunduh gambar, Anda juga akan menggunakan banyak daya baterai. Untuk itu, Anda bisa mematikan fitur load image pada setingan browser smartphone Android.

9. Matikan flash kamera
Ketika mengambil foto dengan ponsel Anda, gunakan lampu flash dengan bijak. Pada kamera digital, penggunaan lampu flash sangat boros baterai, dan hal yang sama berlaku pada kamera ponsel Android  Anda. Jadi daripada menggunakan mode otomatis, sebaiknya matikan lampu flash saat berfoto dan gunakan seperlunya.

10. Matikan telepon di malam hari
Malam hari adalah waktu sebagian orang mengisi ulang baterei smartphone mereka. Jika baterai Anda masih penuh, sebaiknya matikan ponsel Anda, selain menghemat baterai ponsel hal ini juga membantu untuk menghemat energi pada baterai android.

Itulah 10 tips cara menghemat baterai ponsel smartphone yang paling mudah untuk dilakukan pada Android. Masih ada banyak cara lain menghemat baterai smartphone Android yang bisa Anda coba-coba sendiri. Terimakasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel