Usaha Waralaba, Bisnis Yang Menjanjikan - Mukapedia

29 March 2019

Usaha Waralaba, Bisnis Yang Menjanjikan

Usaha Waralaba, Bisnis Yang Menjanjikan

Waralaba atau sering disebut dengan Franchise sekarang sudah mulai menjamur di Indonesia. Banyak pelaku usaha pemula yang karena tidak mau repot terhadap resiko akhirnya memilih usaha jenis ini.

Apa sih pengertian waralaba ini?

Franchise atau Waralaba adalah salah satu bentuk usaha dimana pelaku usaha tersebut menjadi salah satu anak cabang dari pemilik asli usaha tersebut. Dalam hal ini pelaku usaha itu mendaftarkan diri untuk membeli brand tau merek usaha yang telah sukses dirintis oleh pemilik asli. Anda tahu KFC, McDonald, Starbuck Cofee, Dunkin Donuts dan sebagainya merupakan contoh waralaba makanan sukses yang merambah ke berbagai dunia. Selain makanan ada contoh Primagama, Matahari departemen Store, Hypermart, Indomaret dan Alfamart yang juga waralaba namun dalam bidang yang lainnya.

Nah pelaku usaha yang telah menjadi anak cabang dari pemilik pusat harus menyetujui syarat-syarat dan ketentuan yang sudah dibuat oleh pemilik usaha tersebut. Misalnya dalam hal kewajiban harus membayar Franchise Fee, Royalty Fee atau pun biaya lain, Termasuk total semua yang dibutuhkan dalam pembuatan usaha tersebut dari awal. misalnya dana untuk membuat Booth meja kursi, peralatan pendukung, bahan baku dan sebagainya. Nah setelah ketemu totalnya akan menjadi jumlah dana yang harus dibayarkan oleh pelaku usaha yang ingin bergabung dengan pewaralaba tersebut. Biasanya pewaralaba sudah menyediakan paket-paket berupa sistem usaha yang sesuai dengan modal awal dan kekuatan calon pelaku usaha. Istilah lainnya, calon pelaku usaha tinggal terima beres saja karena semua sudah diersiapkan oleh pewaralaba, pelaku usaha tinggal menjalankan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis waralaba 

  1. Cocok dipilih untuk pelaku usaha pemula karena sudah ada full support dari pusat. Karena biasanya pelaku usaha pemula sringkali dihantui rasa takut akan rugi dan kesulitan teknis, termasuk manajemen usaha.
  2. Biasanya terdapat kewajiban untuk mengambil bahan baku dari pusat, termasuk bumbu atau pun ciri khas lain (untuk waralaba jenis makanan). Namun kita juga harus mempertimbangkan ketersediaan bahan baku yang kita butuhkan dalam usaha. Jangan sampai kita order barang namun akan dipenuhi dalam jangan waktu yang cukup lama, maka ini akan menghambat usaha yang kita jalankan.
  3. Adanya pengawasan dan bimbingan dari pusat terhadap perjalanan usaha yang dijalankan. Maka jikalau ada suatu masalah maupun hambatan maka pusat akan selalu siap untuk membantu kesulitan tersebut.
  4. Kemudian hak apa sajakah yang nantinya akan dipunyai oleh calon pelaku usaha? Hak tersebut misalnya hak untuk dibimbing, disupport  dan mendapat perlakuan yang sama dengan cabang yang lain. Maka haruslah pandai-pandai dalam memilih mitra bisnis waralaba ini supaya kita benar-benar mendapatkan hak yang seharusnya kita dapat. Karena juga banyak sekali pelaku bisnis ini yang hanya coba-coba dalam mewaralabakan usahanya sehingga cabang akan merasa dirugikan.
  5. Harus pandai memilih paket waralaba yang kita jalankan. Jangan sampai kita memilih paket dengan modal besar, namun ternyata kita salah dalam menentukan lokasi penjualan sehingga income dan outcome tidak berimbang. Maka pewaralaba yang sudah punya brand akan selalu ikut dalam memberikan keputusan, terutama dalam hal penentuan tempat usaha.
  6. Selalu bekerjasama dan menjalin hubungan yang baik antara usat dan cabang.


Itulah beberapa hal yang terkait dengan bisnis usaha waralaba atau Franchise ini. Semoga cukup memberikan pencerahan bagi anda yang berminat membuka usaha jenis ini.
Comments


EmoticonEmoticon