The Truest Meaning of Marketing - Mukapedia

21 March 2019

The Truest Meaning of Marketing

The Truest Meaning of Marketing

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah ebook yang ditulis oleh seseorang yang sudah lama banget berkecimpung didunia marketing. Disana dia memberikan sebuah masukan yang menurut saya basic banget, namun sangat penting.

Nah dikatakan, bahwa jika anda berkecimpung di dunia marketing. Pada dasarnya hanya ada dua hal saja yang harus anda tingkatkan:

1. Tingkatkan Traffic/Dapatkan Traffic yang banyak!

Benar nggak teman? Ini adalah PR pertama anda. Anda penjual mobil? maka pasti anda selalu berpikir bagaimana yah cara saya mendatangkan banyak kunjungan ke showroom saya? atau bagaimana yah cara saya bisa mendatangi banyak orang yang akan tertarik membeli mobil saya?

Demikian juga dengan bisnis online. Traffic ini sesuatu yang sangat penting. Ibaratnya nggak ada traffic maka penjualan juga nggak ada. Tanpa traffic website anda layaknya film yang nggak ada penontonnya. Bukan hanya seperti sayur tanpa garam, tanpa traffic, sama seperti sayur yang akan layu dan basi. Buang aja ke laut :)

Jadi PR pertama adalah datangkan banyak Traffic. Anda seorang agen asuransi? Tentu anda akan berjuang untuk bisa bertemu paling tidak 2 - 4 orang setiap harinya. Jika tidak, maka kemungkinan untuk closing akan menjadi NOL besar! Tanpa orang yang melihat proposal atau penawaran Anda, sepeduli bagusnya penawaran itu, tidak peduli semurah apa produk yang anda miliki, tanpa traffic. Nothing. Zili. Nada! Nol Bebek.

Traffic juga tidak boleh putus. Jika traffic putus alias habis, maka penjualan juga akan bersifat sementara saja. Begitu daftar nama anda sudah habis maka anda harus bisa melakukan prospecting bukan? mendatangkan prospek alias calon pengunjung yang baru.

So Traffic is number one. Continuing Traffic. Traffic yang berksenimambungan.

Nah Jika anda sudah bisa mendatangkan traffic yang tidak putus putusnya, mari ke hal kedua yang terpenting:

2. Conversion.

Di Blognya Mas Nukman, saya pernah membaca: ” Bisnis Online adalah bukan hanya perkara mendatangkan banyak pengunjung!”

Betapa benarnya apa yang ditulis mas Nukman, si jago branding. :) Setuju mas. Bisnis offline pun bukan hanya perkara mendatangkan banyak pengunjung. Masih ada satu perkara yang harus anda bagus disana, yaitu: Konversi. Bagaimana cara meyakinkan orang yang berkunjung ke website anda, sehingga mereka menjadi pembeli.

Nah ini namanya konversi. Seberapa baik konversi nya? seberapa bagus kalimat penjualan anda? seberapa baik email marketing anda? seberapa memikat isi newsletter anda, bukan cuman kedatangan banyak pengunjung ke blog, melainkan seberapa bagus konten blog anda? sehingga pengunjung diharapkan menjadi pengunjung setia, dan bahkan memperkenalkan ke teman/saudara nya.

Konversi menyangkut seberapa baik anda menjelaskan, seberapa baik anda melakukan presentasi, seberapa bagus kata kata anda, seberapa mantap closing anda. Seberapa bagus anda menguasai mengenai produk anda? Seberapa bagus anda menghandle keberatan calon pembeli.

Nah jika anda bagus dalam konversi, sama bagusnya seperti anda mendatangkan banyak pengunjung, maka ratio penjualan akan menjadi tinggi. Marketing kan masalah hukum rata rata bukan? Jika dari 10 orang yang anda tawarkan yang beli 1 (konversi nya 10%) Maka jika anda ingin menjual 10 produk anda harus mendatangkan traffic, atau menawarkan ke 100 orang prospek.

Jika anda bagus sekali mendatangkan kunjungan, dan bagus dalam konversi. Maka produk anda akan laku keras. Dan terus menerus anda akan mengubah traffic menjadi pembeli, sesuai dengan konversi nya. Apa saja produk anda akan laku.

Selamat terus belajar mendatangkan Traffic dan berlatih Konversi! Ya, cuma dua hal itu saja! You deserve the best!
Comments


EmoticonEmoticon