Ide Bisnis: Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan - Mukapedia

31 March 2019

Ide Bisnis: Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan

Ide Bisnis: Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan

Pada artikel ini Saya akan menjelaskan cara dan seputar Rincian modal usaha laundry, yang termasuk model bisnis rumahan atau juga usaha rumahan, dan tentu kita bisa menjalankannya di rumah.

Perlu diketahui bahwa perkembangan tren dan adanya kesibukan di masyarakat dengan bermacam-macam kegiatan menyebabkan mereka membutuhkan jasa laundry maupun setrika.

Terutama di kota-kota besar maupun di perumahan membuat ladang uang yang “empuk” bagi para wirausaha jenis ini. Sebagaimana kita tahu bahwa masyarakat perkotaan, apalagi yang belum mempunyai seorang pembantu rumah tangga, akan sangat kerepotan dalam menangani masalah cuci mencuci ini. Kadang sampai cucian “menumpuk” tidak tersentuh oleh mesin sama sekali, dengan alasan kecapekan karena seharian kerja. Itu jika suami maupun istri sama-sama berstatus pekerja sibuk.

Mungkin agak berbeda kondisinya pada keluarga yang istrinya hanya “di rumah” sebagai ibu rumah tangga. Masalah cuci-mencuci ini tidak menjadikan soal bagi mereka karena merupakan salah satu tugas wajibnya walaupun nanti akhirnya sekali-sekali tetap mereka butuhkan jasa laudry ini, terutama jikalaiu ada anggota keluarga yang sakit.

Kondisi lain yang dapat dijadikan ladang empuk adalah di lingkungan kampus atau karyawan pabrik/perusahaan. Rata-rata mereka selalu menggunakan jasa laundry untuk meringankan beban mereka. Karena kesibukan belajar dan bekerja menjadikan tersitanya waktu untuk mencuci.

Wah setelah tahu betapa usaha ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, maka bolehlah kita sekarang melihat apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha laundry ini.

Yang pertama tentu saja mesin cuci. Untuk awal usaha cukup kita persiapkan 1 buah saja. Kemudian setrika, minimal 1. deterjen untuk pakaian warna dan khusus untuk warna putih. Pewangi laundry yang dapat kta beli per galon (curah). Untuk jenis pewangi ini harap digunakan khusus pewangi jenis laundry karena mempunyai aroma yang khas dan tahan lama. Plastik bening untuk membungkus pakaian yang sudah siap kirim. Rak tempat menaruh pakaian yang sudah siap ambil. Label untuk memberi tanda pakaian supaya tidak tertukar atau hilang.

RINCIAN MODAL USAHA LAUNDRY

Untuk estimasi dan analisa modal awal usaha laundry kiloan ini adalah :

  1. Untuk mesin cuci harga sekitar 1.500.000
  2. Setrika harga sekitar Rp. 100.000
  3. Deterjen harga sekitar Rp. 20.000
  4. Pewngi laundry harga per galon sekitar Rp.60.000
  5. Plastik bening harga sekitar Rp. 20.000
  6. Rak harga sekitar Rp. 500.000
  7. Mesin label dan label harga sekitar Rp.100.000
  8. Total asumsi modal awal  : Rp.2.300.000

Wah banyak amat !!!

Mungkin seperti itu asumsinya ya…tenang kita dapat saja menggunakan teknik ngutang alias kredit maupun menggunakan peralatan yang sudah kita punyai sehingga dapat menekan angka modal awal.

Untuk harga laundry per kilo biasanya dipatok Rp.3.500 sampai Rp. 4.000. JIka hanya setrika saja harga juga berbeda, mungkin dikurangi Rp. 1000 untuk per kilonya.

Nah mulailah menjalankan usaha ini yang bisa dijalankan dirumah dulu, Jika omset sudah naik baru kita ambil karyawan untuk membantu usaha loundry kita. Usaha jasa laundry ini dijamin akan selalu eksis, selama orang masih membutuhkan pakaian.

Bagaimana apakah Anda tertarik?
Comments


EmoticonEmoticon