Gambaran Besar Sukses di Bisnis Internet (Online) - Mukapedia

20 March 2019

Gambaran Besar Sukses di Bisnis Internet (Online)

Gambaran Besar Sukses di Bisnis Internet (Online)

Jika anda saat ini sedang berjuang untuk membangun bisnis online, berikut adalah apa yang saya pelajari, gambaran besar untuk sukses di internet, secara singkat apa saja yang harus anda lakukan:

1. Miliki sebuah produk/jasa.

Sederhana bukan? jika ingin sukses dari bisnis di internet, pertama kita perlu memiliki sebuah produk/jasa. Apa yang mau dijual secara online? Internet hanya sebuah MEDIA untuk mempromosikan apapun produk atau jasa yang kita miliki. Tidak beda dengan koran atau televisi.

Bedanya, di Internet biaya promosi jauh lebih murah dibandingkan dua media yang saya sebutkan sebelumnya.

Jika anda tidak punya produk/jasa untuk dijual secara online, anda masih bisa menjual produk orang lain atau menjadi affiliate marketer atau reseller dari produk buatan orang lain. Tetapi jika anda ingin sukses lebih besar, maka mempunyai produk/jasa anda sendiri adalah sebuah syarat mutlak.

Riset yang mendalam dapat dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan di internet, sehingga anda bisa membuat, menyediakan produk/jasa sesuai dengan apa yang orang inginkan.

2.  Membuat website yang menjual sebagai tempat display produk/jasa anda.

Sederhana untuk dimengerti juga bukan? Jika sudah ada produk/jasa maka anda tinggal membuat sebuah website tempat produk/jasa anda itu dipajang. Website ibarat sebuah toko, atau seorang salesman yang tidak pernah tidur, tidak pernah tutup dan tidak pernah complain.

Tanpa digaji pula. Dia akan terua melayani pembeli yang lewat didepan website anda setiap harinya. Nah latihlah salesman anda ini supaya dia bisa memaksa setiap orang yang lewat supaya mengeluarkan uang di dompetnya dan membeli produk/jasa anda. :) Bisa dong, bisa dipelajari.

3. Automatiskan segalanya.

Sederhana juga bukan untuk dimengerti? Apa saja yang perlu diotomatiskan teman?

- Otomatiskan sistem pembayaran, sehingga ketika anda sedang tidak ada di tempat pun bisa terjadi transaksi penjualan melalui website anda, dengan atau tanpa anda. Sistem pembayaran yang bisa dipertimbangkan adalah dengan paypal ( sudah bisa di Indonesia ).  Egold, atau 2 checkout.

Jika tidak menggunakan system pembayaran diatas, anda bisa menerima pembayaran dengan transfer rekening bank seperti biasa nya, namun dengan cara ini masih belum bisa 100% otomatis dikarenakan calon pembeli harus mengkonfirmasikan pembayaran nya dan anda harus mengirimkan produk/jasa yang dibeli.

- Otomatiskan sistem Follow Up anda.
Pembelian di Internet, sangat jarang terjadi dari sekali melihat sebuah website, melainkan perlu sampai 7 kali bahkan lebih dilakukan follow up sampai prospek tertarik untuk membeli. Enaknya memberikan follow up banyak kali seperti ini mudah dilakukan secara online. Anda tinggal menangkap email dan nama mereka lalu menjelaskan secara bertahap mengenai produk/jasa anda via email.

Jika mereka mengerti bahwa produk/jasa anda memang bermanfaat bagi mereka, maka cepat atau lambat akhirnya sebagian besar dari mereka akan membeli.

4. Belajar mendatangkan banyak pengunjung ke website anda ( Traffic ).

Sederhana juga untuk dimengerti bukan? Kalau mau laris jualan nya yah datangkan banyak pengunjung. Kalau di dunia offline tempat atau lokasi itu sangat penting, bayangkan saja anda berjualan topi dipinggir kuburan, maka calon pembeli anda adalah orang orang yang kepanasan ketika berada disana. Namun jika anda membuka toko topi anda di sebuah Mall yang besar dan ramai, maka jumlah topi yang laku akan jauh lebih banyak.

Tehnik mempromosikan alamat website anda ( Toko anda ) ada banyak. Bisa secara online dan offline diantaranya:

Online: Iklan baris, mailing list ( bukan meiling anak tetangga), search engine, memberikan testimonial, opt in list, membuat blog, banner dll.

Offline: Memakai kaus dengan bordiran alamat website anda, memakai topi dengan banner website anda, sebar brosur sambil naik dokar, teriak teriak dari tugu monas, pasang iklan di majalah bobo/koran dlsbnya. :p see ada banyak sekali cara kreatif mempromosikan website anda.

Nah gitu deh, jika anda bagus di ke semua step diatas, maka membangun bisnis online yang menguntungkan itu adalah sangat mungkin dan BISA!. Kuncinya, maukah anda belajar dan menguasai semua langkah2 diatas?
Comments


EmoticonEmoticon