Bisnis Online Merupakan Peluang Bisnis Yang Mempunyai Untung Besar - Mukapedia

31 March 2019

Bisnis Online Merupakan Peluang Bisnis Yang Mempunyai Untung Besar

Bisnis Online Merupakan Peluang Bisnis Yang Mempunyai Untung Besar

Bagi orang yang sudah mengenal internet barang kali tidak asing lagi dengan istilah bisnis online. Apa yang dimaksud bisnis online itu? Sebenarnya bisnis online sama seperti bisnis offline hanya cara pelaksanaannya saja yang berbeda. Bisnis offline dilakukan secara manual dalam hal pemasarannya sedangkan bisnis online dilaksanakan secara online di internet. Dengan demikian dapat diartikan bahwa bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan bantuan media internet. Bisnis ini sekarang lagi banyak diminati oleh pemula yang didominasi kaum muda walaupun tidak sedikit yang usia tua atau dewasa yang tertarik pada bisnis online.

Mengapa bisnis online diminati oleh pemula dan kaum muda? Jawabannya adalah karena untuk mendirikan bisnis online memerlukan biaya yang lebih murah dan diperlukan pengetahuan tentang internet. Biaya untuk memulai bisnis online memerlukan biaya yang murah yaitu membutuhkan seperangkap komputer atau laptop dan sambungan internet sehingga sangat sesuai untuk pebisnis pemula yang biasanya terkendala dengan keterbatasan modal usaha. Bisnis online lebih disukai oleh kaum muda karena bisnis ini memerlukan ketrampilan untuk mengoperasikan internet dan itu banyak dipunyai oleh kaum muda walaupun tidak jarang orang yang sudah berumur juga sangat mahir mengoperasikan internet. Selain itu kaum tua biasanya sudah mempunyai bisnis yang sudah mapan yaitu berupa bisnis offline yang sudah didirikannya lebih lama, sehingga mereka cenderung tidak ingin beralih ke bisnis online. Pada dasarnya tidak ada batasan tua atau muda untuk membangun bisnis online, yang penting ada tekat dan kemauan yang kuat untuk berbisnis. Bagi mereka yang merasa kurang trampil mengoperasikan internet, bisa belajar dengan mudah dan cepat, sehingga tidak ada batasan umur untuk mendirikan bisnis online sebagai bisnis barunya.

Keunggulan bisnis online ini adalah lebih fleksibel dalam hal pelaksanaannya. Mengapa bisnis online dikatakan lebih fleksibel? Jawabannya karena bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan dengan bantuan media internet, sehingga bisnis ini bisa dilakukan kapan saja bisa pagi, siang, sore atau malam yang penting ada sambungan internet. Karena fleksibilitasnya maka jenis - jenis bisnis ini bisa dijadikan lowongan kerja sampaingan. Selain bisnis online juga bisa dilakukan di mana saja bisa di rumah, di kantor, di tempat rekreasi sebatas tempat tersebut bisa dijangkau oleh sambungan internet.

Bisnis online cocok juga dijadikan untuk usaha sampingan bagi yang sudah mempunyai usaha utama dan bagi yang masih nganggur bisnis online bisa dijadikan sebagai usaha utama. Keunggulan lain dari bisnis online adalah jangkaun pemasarannya lebih luas yaitu sampai seluruh kota secara nasional dan sampai pelosok -  pelosok yang bisa dijangkau oleh internet bahkan kalau website bisnis kita berbahasa inggris bisa mencapai seluruh dunia. Oleh karena itu kita tidak perlu ragu untuk melalukan bisnis online karena kalao dikelola dengan baik bisa mendatangkan keuntungan yang luar biasa besar.

Yang pertama dilakukan untuk mendirikan bisnis onlne adalah menentukan ide bisnis. Pemilihan ide bisnis online yang tepat akan menentukan keberhasilan bisnis online yang dijalankan. Menetukan ide bisnis ini kadang – kadang memakan waktu yang lama karena para pebisnis online terutama pemula biasanya masih kebingungan untuk menentukan bisnis online apa yang akan dilakukan. Disarankan ide bisnis online yang dipilih adalah bagian dari hoby kita. Mengapa sebaiknya disesuaikan dengan hoby? Jawabannya karena kalao bisnis online yang digeluti itu merupakan hoby maka akan lebih senang dan lebih fokus dalam mengerjakannya dan dimungkinkan akan lebih cepat mencapai keberhasilan. Tetapi sebenarnya ide bisnis online bisa apa saja dan tidak harus disesuaikan dengan hoby si pebisnis online. Apapun ide bisnis online yang dipilih tidak menjadi masalah, yang penting adalah kesungguhan dan keuletan dalam mejalankan ide bisnis tersebut yang akan membuahkan keberhasilan.  Banyak sekali ide bisnis online yang bisa kita jalankan, tetunya dalam memilih disesuaikan dengan diri pribadi masing – masing ide bisnis mana yang lebih cocok. Untuk bisa sukses tidak hanya ide bisnis saja yang diperlukan tetapi juga harus menguasai cara bisnis online. Yang jelas apapun ide bisnis online yang dipilih apabila dikerjakan dengan sungguh – sungguh maka akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Untuk bisa menjalankan bisnis online dengan baik perlu mengetahui ilmu internet marketing atau ilmu pemasaran di internet. Keberhasilan memasarkan produk atau jasa secara online atau lebih singkatnya pemasaran di internet sangat menentukan keberhasilan bisnis online yang dibangun. Apa yang dimaksud pemasaran secara online? Pemasaran online adalah bagaimana seorang pebisnis online (penjual) mempromosikan produk atau jasa secara online sedemikian rupa sehinga dapat menjangkau pembeli dan berlanjut pada terjadinya transaksi jual beli secara online. Kesuksesan bisnis online terletak pada promosinya. Barang atau jasa yang dipromosikan harus benar – benar bisa menjangkau konsumen atau pembeli sampai terjadi transaksi penjualan. Dalam bisnis online bagaimana kita bisa mempromosikan produk atau jasa dengan baik sehingga barang atau jasa yang ditawarkan akan terjual. Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk menunjang keberhasilan promosi dalam bisnis online yaitu  :

Membuat website sendiri untuk bisnis online

Dalam bisnis online website sangat diperlukan untuk meraih keberhasilan. Website ini akan digunakan untuk memperlihatkan, memperkenalkan dan menawarkan barang atau jasa bisnis online yang akan dijual. Website bisnis online laksana sebuah etalase yang berisi barang dagangan yang dijajakan sedemikian rupa sehingga seperti sebuah toko di dalam sebuah gedung yang luas. Dengan mempunyai website maka kita seperti mempunyai tempat usaha dengan berbagai macam barang yang dijajakan. Halaman website yang hanya seluas kertas HVS ternyata mampu menampung banyak barang atau jasa yang akan ditawarkan. Barangkali ilustrasinya kalao mempunyai website bisnis online ibaratnya seperti mempunyai sebuah toko besar dan lengkap. Dan ini pulalah kelebihan bisnis online jika dibandingkan dengan bisnis offline.

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam membuat website bisnis online adalah pemilihan alamat website yang oleh para web designer disebut nama domain. Dalam bisnis online nama domain ini sangat penting. Pemilihan nama domain sebaiknya tidak terlalu panjang, mudah diingat dan diusahakan sedekat mungkin dengan bisnis online yang akan dijalankan atau bila perlu nama bisnis online itu sendiri dijadikan nama domain. Nama domain yang disesuaikan nama bisnis online maka akan memudahkan website muncul sesuai dengan topik bisnis di search engine misalnya seperti Google

Merancang Website Bisnis Online yang Sederhana dan Menarik

Untuk keprluan bisnis online maka website yang dibuat bukan website yang canggih, banyak warna, video dan animasi. Website yang syarat dengan warna, video dan animasi ternyata tidak cocok untuk bisnis online atau dengan kata lain tidak sesui untuk website penjualan. Website bisnis yang syarat dengan warna, video dan animasi akan mengakibatkan pengunjung tidak bisa fokus pada produk yang ditawarkan tetapi cenderung lebih banyak mengagumi tampilan warna, video dan animasi pada website tersebut. Website bisnis online yang dibuat hendaknya sesederhana mungkin diusahakan menggunakan huruf warna hitam dan bagground warna putih.  Jenis huruf yang digunakan juga juga jangan terlalu banyak, sebaiknya maksimal menggunakan 2 jenis huruf saja. Yang perlu diingat adalah tujuan pembuatan website bisnis online adalah untuk menawarkan produk yang akan dijual bukan untuk memamerkan tampilan website.

Memudahkan Konsumen Menemukan Website Bisnis online kita di Search Engine

Setelah website bisnis online berhasil dibuat maka langkah selanjutnya adalah menjadikan website kita mudah ditemukan oleh konsumen/pelanggan atau pembeli. Kalao ingin barang atau jasa yang telah dimasukkan dalam website bisnis online laku dijual maka website tersebut harus mudah diakses oleh konsumen atau pembeli.

Bagaimana agar website bisnis online kita mudah ditemukan oleh konsumen? Jawabannya adalah website akan ditemukan oleh pelanggan bila website tersebut mampu tampil halaman depan pada mesin pencari seperti google, hal ini disebabkan pelanggan sebagian besar akan menemukan website kita melalui mesin pencari. Agar website bisnis online tampil dihalaman pertama search engine   yaitu dengan menerapkan ilmu SEO (search engine optimization) pada website bisnis online kita. SEO bisa dikerjakan sendiri atau dengan membayar jasa penyedia SEO.  Cara lain untuk menjadikan website bisnis online kita mudah diakses oleh pelanggan adalah dengan beriklan. Untuk beriklan kita bisa memanfaatkan Google Adsanse atau kita juga bisa memasang iklan di KlikSaya.com

Comments


EmoticonEmoticon