Proses Manajemen Strategi Implementasi Pada Perusahaan - Mukapedia

01 December 2018

Proses Manajemen Strategi Implementasi Pada Perusahaan

Proses manajemen strategi, strategi implementasi, implementasi, organisasi implementasi,

Apa itu Implementasi? Implementasi adalah strategi aksi yang dipilih untuk organisasi sehingga bisa mencapai sasaran dan tujuan yang strategis dalam manajemen Perusahaan.

Strategi implementasi dapat didefinisikan di mana sebuah organisasi dapat mengembangkan, memanfaatkan, dan menggabungkan struktur organisasi, sistem kontrol dan budaya untuk mengikuti strategi yang mengarah pada keunggulan kompetitif sehingga mendapatkan kinerja yang lebih baik.

Struktur organisasi dapat mengalokasikan nilai khusus untuk mengembangkan tugas serta peran pada karyawan dan Serikat agar tugas dan peran dapat berkorelasi, untuk memaksimalkan efisiensi, kualitas dan kepuasan kompetitif terhadap pelanggan.

Sistem kontrol organisasi sangat diperlukan dalam menyusun manajemen untuk bisnis. Sistem kontrol tersebut melengkapi manajer yang harus memberikan motivasi insentif untuk karyawan dan umpan balik pada karyawan dalam kinerja organisasi. Organisasi budaya mengacu pada nilai-nilai, sikap, norma dan keyakinan bersama pada anggota organisasi dan kelompok.

Apa langkah yang harus dilakukan?

Seorang Manajer dan lingkungan fungsional diharuskan bekerja sama terhadap rekan-rekan lainnya sehingga dapat mengembangkan program, anggaran dan prosedur untuk membangun implementasi strategi. Dan harus menjaga kekompakan untuk meraih sinergi di antara sebagian divisi dan lingkungan yang fungsional sehingga dapat menciptakan dan menjaga kompetensi terhadap perusahaan.

Contoh Implementasi Strategi

  1. Membangun organisasi merupakan potensi dan strategi yang diperlukan dalam management bisnis.
  2. Pencairan sumber daya yang juga merupakan hal penting dalam melakukan strategi.
  3. Menciptakan strategi untuk mendorong kebijakan.
  4. Membangun kebijakan merupakan program untuk kemajuan yang konstan.
  5. Menghubungkan struktur untuk memperoleh hasil.
  6. Membangun suatu kepemimpinan strategis.

Strategi implementasi bisa gagal jika tidak benar diformulasikan dan dijalankan dengan baik dan penting untuk kita ketahui bahwa penerapan strategi tersebut tidak mungkin bisa kita jalankan terkecuali ada stabilitas antara strategi dan masing-masing dimensi organisasi seperti struktur organisasi, struktur imbalan, proses alokasi sumber daya, dll.

Banyaknya peran didalam suatu organisasi yang memegang suatu peranan penting untuk  membuat kesuksesan terhadap implementasi strategi, mungkin justru sedikit dari mereka yang dilibatkan untuk mengembangkan strategi pada perusahaan. Maka dari itu, sebagian dari mereka cenderung dan bisa jadi menolak bekerjasama dalam memberikan data-data untuk rumusan dalam proses membangun perencanaan strategis. Penolakan dalam ajakan buat berpartisipasi semakin jelas bila dalam menentukan misi-misi, tujuan-tujuan, strategi serta kebijakan penting dalam perusahaan tidak dikomunikasikan dan dirundingkan terlebih dahulu pada semua anggota operasional untuk bisa menjalankan strategi implementasi.

Comments


EmoticonEmoticon