Peran Dalam Evaluasi Manajemen Strategis - Mukapedia

06 December 2018

Peran Dalam Evaluasi Manajemen Strategis

Evaluasi strategi, strategi evaluasi, manajemen strategis

Evaluasi Strategi mempunyai peran penting sama halnya dengan tahap formulasi strategi, yang lebih efisiensi dan efektivitas dalam membangun rencana komprehensif untuk mencapai hasil yang sesuai. Manajer bisa menilai kelayakan strategi pada saat ini di dalam dunia todays dinamis serta inovasi teknologi, sosial-ekonomi, dan politik. Strategis evaluasi adalah fase akhir dari manajemen strategis.

Pentingnya peran evaluasi strategi bisa dilihat dari kemampuannya membentuk koordinasi tugas yang dilaksanakan oleh seorang manajer, kelompok, Departemen dll, melalui sistem kontrol kinerja. Strategis evaluasi signifikan karena dipengaruhi faktor misalnya- membuat perkembangan input dalam perencanaan strategis baru, dorongan membuat umpan balik, penilaian dan hadiah, perkembangan proses manajemen strategis, menilai validitas pilihan strategis dll.

Proses pengendalian evaluasi strategi tersebut terdiri dari beberapa hal dibawah ini :

1. Memperbaiki tolok ukur pada kinerja - sementara memperbaiki patokan, strategi menghadapi pertanyaan misalnya, apa patokan untuk mengatur, bagaimana mengatur mereka dan bagaimana mengekspresikannya. Dalam menentukan tolok ukur kinerja untuk diatur, sangat penting memenuhi persyaratan khusus sehingga bisa melaksanakan tugas utama. Indikator kinerja yang terbaik mengidentifikasi dan mengekspresikan persyaratan khusus kemudian ditentukan untuk digunakan pada strategi evaluasi. Organisasi dapat menggunakan kriteria kuantitatif dan kualitatif untuk penilaian yang komprehensif terhadap suatu kinerja. Kriteria kuantitatif diantaranya yaitu penentuan laba bersih, ROI, laba bersih per saham, biaya produksi, tingkat turnover karyawan dll.
Di antara kualitatif faktor adalah evaluasi subjektif faktor-faktor seperti misalnya, keterampilan dan kompetensi, mengambil risiko potensial, fleksibilitas dll.

2. Pengukuran kinerja - standar kinerja adalah tanda bangku yang aktual sehingga dapat dibandingkan. Pelaporan dan komunikasi sistem bantuan dalam mengukur kinerja. Jika sesuai sarana yang tersedia untuk mengukur kinerja dan jika standar yang ditetapkan dalam cara yang tepat, evaluasi strategi menjadi lebih mudah. Tetapi berbagai faktor seperti manajer kontribusi sulit untuk mengukur. Demikian pula Divisi kinerja kadang-kadang sulit untuk mengukur dibandingkan dengan kinerja individu. Dengan demikian, variabel tujuan harus dibuat terhadap pengukuran kinerja yang dapat dilakukan. Pengukuran harus dilakukan pada waktu tepat lain pada evaluasi akan tidak memenuhi tujuannya. Untuk mengukur kinerja, laporan keuangan misalnya, neraca, laba rugi harus siap secara tahunan.

3. Menganalisis varians - sementara mengukur kinerja aktual dan membandingkannya dengan standar kinerja tidak mungkin varians yang harus dianalisa. Strategi harus menyebutkan tingkat toleransi batas antara yang varians antara kinerja aktual dan standar sehingga dapat diterima. Penyimpangan positif menunjukkan kinerja yang lebih baik tetapi tidak cukup biasa melebihi target yang diinginkan. Penyimpangan negatif adalah masalah perhatian karena menunjukkan kekurangan dalam kinerja. Jadi dalam hal ini strategi harus menemukan penyebab penyimpangan dan harus mengambil tindakan korektif untuk mengatasinya.

4. Mengambil tindakan korektif - Jika menyimpangan dalam kinerja, sangat penting untuk merencanakan tindakan korektif. Jika kinerja konsisten kurang dari kinerja yang diinginkan, strategi harus melakukan analisis rinci dari faktor-faktor yang bertanggung jawab untuk performa tersebut. Jika strategi menemukan bahwa potensi organisasi tidak sesuai dengan persyaratan kinerja, maka standar harus diturunkan. Tindakan korektif langka dan drastis lain adalah reformulasi strategi yang memerlukan akan kembali ke proses manajemen strategis, pembingkaian kembali rencana sesuai tren alokasi sumber daya baru dan konsekuen berarti akan ada titik awal yang strategis untuk proses manajemen.

Comments


EmoticonEmoticon