Bisnis Indonesia : Tips Memulai Toko sembako Sederhana - Mukapedia

20 November 2018

Bisnis Indonesia : Tips Memulai Toko sembako Sederhana

Toko sembako, warung sembako, usaha sembako, bisnis indonesia

“Menurut Menteri Industri dan Perdagangan RI” Sembako merupakan singkatan dari Sembilan Bahan Pokok, yaitu sembilan jenis kebutuhan pokok terutama bagi masyarakat khususnya di wilayah Indonesia. Sembilan bahan itu antara lain adalah:

1.beras dan sagu
2.gula pasir
3.sayur-sayuran dan buah-buahan
4.daging sapi dan ayam
5.minyak goreng dan margarin
6.susu
7.jagung
8.minyak tanah atau gas ELPIJI
9.garam beryodium

Harga sembako yang bervariasi biasanya mengikuti jumlah persedian atau banyaknya stok barang yang ada. Pada saat musim panen datang biasanya harga turun, dan harga naik sesudah musim panen berakhir. Harga sembako bisa juga naik karena terpengaruh dari kenaikan BBM dan naik turunya nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Namun meskipun harga sembako naik melambung, ini bukanlah suatu masalah bagi penjual, terutama bagi mereka yang mempunyai usaha toko sembako. Karena sembako sudah menjadi panganan sehari-hari yang dibutuhkan oleh masyarakat indonesia.

Nah.. jika anda sedang mencari suatu usaha atau mencari bisnis di indonesia, anda bisa mencoba membuka toko sembako karena toko sembako mempunyai nilai paling kecil dalam masalah kebangkrutan. Membuka toko sembako juga merupakan usaha yang sangat menjanjikan untuk anda coba.

Dibawah ini saya akan merincikan dan perencanaan membuka toko sembako dari peralatan,kebutuhan dan bahan-bahan toko sembako.

Langkah Awal Membuka Toko Sembako

1.Tempat

Tempat merupakan suatu hal yang harus kita tentukan untuk membuat toko sembako. Namun jika anda tidak memulainya dengan modal kecil Anda bisa menggunakan ruangan kosong di rumah, biasanya yang sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang yaitu dengan memanfaatkan ruangan L untuk toko mereka.

Tetapi jika anda mempunyai cukup modal carilah tempat sewa yang strategis dan tidak ada pesaing serta mudah di jangkau oleh banyak orang.

2. Perlengkapan Alat Toko Sembako

Alat toko sembako diantaranya yaitu, etalase, rak barang kecil, tong beras, meja pembayaran, kalkulator, toples, bak barang, plastik dan untuk pelengkap bisa anda tambahkan lemari pendingin buat minuman botol.

Tata lah dengan rapi peralatan toko sehingga enak dipandang oleh para pembeli dan pajangkan sembako di tempat paling strategis, yang merupakan bahan pokok paling utama.

3. Barang Kulakan

Carilah tempat belanja yang menyediakan grosir dan eceran serta mempunyai harga murah untuk dijadikan tempat anda kulakan.
Berikut daftar barang bahan pokok untuk mengisi toko :
Beras, gula, teh, elpiji, minyak sayur, jajanan anak, minumn dingin, kopi, dan barang-barang kecil lainnya.

Tips Menarik Pelanggan Toko Sembako
  • Lakukan lah pelayanan dengan ramah dan cepat terhadap pembeli
  • Murah senyum
  • Harga bersaing
  • Beri diskon pada pembeli yang sering datang
  • Pasang spanduk
  • Barang dapat ditawar
  • Bisa di utang meskipun terpaksa. Hehe
  • Bermasyarakat dan ikut bergaul
  • Jaga emosi
  • Sabar

Demikian tentang tips membuka toko sembako yang mungkin bermanfaat untuk anda. Terimakasih..


Comments


EmoticonEmoticon